01/12/2022

dedysetyo.net

Berbagi Semangat, Menyebarkan Inspirasi..

Menjadi Narasumber Pelatihan Membuat Modul Digital di SMAN 54 Jakarta

Masa saat pandemi sebelumnya mengajarkan, bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan menjadi opsi yang paling rasional untuk tetap melakukan proses belajar mengajar ditengah kepungan virus yang siap menyebar. Namun dengan PJJ tidak semua para siswa mendapatkan kesempatan belajar lebih leluasa dibandingkan dengan masa normal, apalagi yang memiliki penyakit komorbid yang sangat beresiko bagi kesehatannya.

Guru dengan modul yang dibuatnya sendiri dapat menjadi solusi sementara untuk siswa, mereka (para siswa) dapat menggali lebih dalam referensi yang dibutuhkannya tanpa harus berhadapan dengan distraksi karena harus mencari sumber dari berbagai tempat. Namun keterbatasan modul konvensional adalah pada lambatnya proses adaptasi jika ada perubahan-perubahan dalam konten, masih ditambah jika ada proses percetakan, distribusi dan proses-proses lainnya yang memakan waktu serta biaya.

Modul digital akan menjawab berbagai macam tantangan tersebut, tidak hanya soal adaptasi jika ada perubahan konten, modul digital sengaja dikembangkan dengan proses adaptif yang menyenangkan, mengakomodasi berbagai media, baik tulis, video, audio dan animasi. Dalam pengembangannya, karena dibuat langsung oleh guru (yang mengajar), harapannya dapat sesuai dengan laju kecepatan belajar siswa yang berada di kelasnya.

Berikut merupakan beberapa perbedaan karakteristik, pada sebelah kiri merupakan karakteristik modul konvensional. Di sebelah kanan, menggunakan modul digital.

Karakteristik Modul Konvensional dengan digital

Pelatihan yang diselenggarakan di SMAN 54 Jakarta pada beberapa waktu yang lalu, para Guru hebat ini dilatihkan membuat modul digital dengan menggunakan tool Canva. Sebagai informasi bahwa Canva merupakan tol berbasis cloud yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dengan berbasis browser dan koneksi internet.

Saya disambut dengan hangat oleh Kepsek Bapak Rustaman, Wakasek Ibu Yelinda, dan guru-guru hebat SMAN 54 Jakarta. Mereka mengikuti agenda ini dengan antusias bahkan lebih dari sesi yang telah disediakan.

Pelatihan selama kurang lebih dua jam ini mengulas tentang karakteristik modul digital sampai dengan teknik pembuatannya. Para guru dibimbing step by step agar harapannya dapat memberi gambaran ilustrasi tentang modul yang akan dikembangkannya kelak. Pelatihan ini sangat menyenangkan karena banyak muncul pertanyaan-pertanyaan penting terkait dengan proses pembuatannya.

Berikut beberapa dokumentasi yang sempat terekam kamera.

Sesi pengenalan profil pembicara
Foto bersama peserta para guru hebat SMAN 54 Jakarta
Sesi penyampaian materi

Contoh Modul Digital

Produk modul digital dalam pelatihan ini bisa diakses melalui https://s.id/canva54

Cover Modul Digital oleh Dedy Setyo Afrianto

Bagi teman-teman yang membutuhkan slide presentasi pelatihan ini dapat menghubungi saya melalui https://www.instagram.com/dedysetyoa/.

Semoga kegiatan ini memiliki imbas positif bagi pengembangan kualitas pembelajaran dimasa depan. Terima kasih.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo Afrianto

%d bloggers like this: