29/03/2024

dedysetyo.net

Berbagi Semangat, Menyebarkan Inspirasi..

Menanamkan Self Regulated Learner Untuk Siswa (2)

Tulisan sebelumnya bisa Anda simak pada tautan berikut https://dedysetyo.net/2020/10/19/menanamkan-self-regulated-learner-untuk-siswa-saat-belajar-dari-rumah/

===========================

Kita review sejenak artikel sebelumnya. Student Centered Learning (SCL) yang baik akan memandirikan siswa menjadi lebih efektif dalam memanfaatkan waktunya ketika masa belajar dari rumah. Prasyarat nya, mereka memiliki Self Regulated Learner (SRL) dengan strategi yang tepat juga, lalu bagaimana implementasinya ?. Agar lebih mudah dipahami, saya coba tautkan dengan kisah legenda NBA Michael Jordan dimasa lalunya.

Kisah Michael Jordan

michel-jordan-5-131003c.jpg
Michael Jordan

“Sepanjang karier saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset. Saya juga pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling tidak, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan syuting penentu kemenangan namun gagal. Saya telah berkali-kali mengalami kegagalan dalam hidup. Dan itulah sebabnya, saya bisa berhasil…,” ungkap Michael Jordan (MJ) suatu ketika merefleksi masa lalunya.

Bagi penggemar olah raga basket apalagi yang menyimak NBA di tahun 90an, pasti kenal dengan MJ dimasa itu. Dimasa pensiunnya namanya masuk pada deretan Hall of Fame pemain legendaris. Jika bicara prestasi, deretan berikut, barangkali dapat memberikan gambaran betapa hebatnya orang ini.

Prestasi MJ dimasa karirnya. Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Michael_Jordan

Ini yang kita lihat MJ disaat dia pensiun, beragam kisah manis dan pencapaian hebat. Namun bagaimana dengan perjuangan MJ sebelum dia berhasil menggapai itu semua ?.

MJ pernah bercerita tentang kisah pahitnya saat tidak masuk sebagai daftar pemain tim basket utama di sekolahnya di SMA Laney, North Carolina, salah satu penyebabnya adalah masalah tinggi badan yang hanya sekitar 175 – 180 cm saat itu.

See also  Pemateri Pembuatan Modul Digital dan Interaktif di SMAN 82 Jakarta

Tahun 1984 juga tidak jauh berbeda. Saat itu Jordan dengan berat hati memutuskan ikut draft NBA. Walau cemerlang di level universitas. Jordan ternyata dipilih di urutan ketiga oleh Chicago Bulls. Houston Rockets dan Portland Trail Blazers melewatkan Jordan begitu saja.

Inilah bukti bahwa legenda tidak tiba-tiba jatuh dari langit, mereka bekerja keras mengusahakan hal itu. Lalu apa saja yang dilakukan MJ untuk menjadi bintang ?

“Saya melatih Michael sejak dia berusia 13, 14, dan 15 tahun. Semasa remaja, Michael bukanlah seorang juara. Dia hanya remaja biasa yang bermain di liga junior. Tapi dia sangat bebas dan kompetitif,” ungkap pelatih Richard Neher di Liga Babe Ruth.

Kerja keras, menjadi salah satu kata kunci dalam pembentukan juara diberbagai masa. Tidak saja dengan kerja keras, namun dengan desain yang efektif untuk melejitkan potensi diri terbaik.

Bagaimana regulasi diri dalam diri MJ untuk mewujudkan potensi dirinya yang terbaik ?. beberapa catatan diabwah ini sebagian diambil dari buku Prof. Carol Dweck (Pakar Psikologi dari Stamford University) yang berjudul Mindset.

How Exercise May Help the Memory Grow Stronger – Tofaş Akademi
Belajar, berjuang dan bertumbuh

Beberapa strategi yang berkaitan dengan SRL yakni sebagai berikut

1. Learn how to organize task (Belajar bagaimana mengorganisasi tugas)

Lapangan basket saat MJ sekolah, adalah saksi biksu dimana saat itu MJ berangkat sekolah lebih pagi daripada teman-temannya yang lain, untuk apa ?, MJ berangkat lebih pagi daripada teman-temannya yang lain karena ingin menambah jam latihannya.

Akumulasi latihan sepanjang hari, berjam-jam, itulah yang akhirnya mengkristal menjadi skill yang melekat pada diri MJ.

2. Learn how to set and plan your goals (Menentukan goals/tujuan dalam kehidupan)

Karena ditolak sebagai pemain utama di klub basket sekolahnya, MJ memiliki goals yang jelas bahwa tujuannya dalam waktu dekat adalah dipilih menjadi pilihan utama pelatih.

See also  Praktek Flipped Classroom

Goals yang jelas dan terukur ini akan membantu untuk terus berjuang mencapai titik terbaiknya. Mode S-M-A-R-T dibawah ini juga bisa membantu membuat Goals. Secara spesifik akan dibahas pada tulisan lainnya.

Merancang goals dengan pendekatan SMART

3. Keep records and monitoring (Rekam dan tetap monitor)

Karena telah memiliki goals yang jelas, MJ memfokuskan pada kelebihan yang ada pada dirinya, yakni kecepatan.

Kecepatan ini yang terus menerus diasah, dikembangkan dan terus menerus dilatih hingga mencapai titik terbaiknya.

Manusia, dan seperti kita pada umumnya, selalu memiliki kekuatan/kelebihan terbaik yang biasanya hanya kita (atau coach kita) yang mengetahui. Alih-alih daripada menyesali dan menangisi kelemahan-kelemahan kita, lebih baik optimalkan kekuatan-kekuatan yang kita punya.

4. Rehearse and memorize

Cari waktu, sarana, dan kesempatan terbaik untuk terus menerus kembangkan diri. Jika bukan kita yang kembangkan, maka siapa lagi ?. yakin lah bahwa kita bisa dan mencapai titik terjauh setiap harinya.

Empat hal diatas merupakan salah satu upaya untuk tetap kembangkan SRL dimasa saat ini. Semoga dapat mendorong kepada segenap siswa untuk tetap dapat bertumbuh dan berkemajuan.

Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

Dedy Setyo Afrianto

Info Penting

Youtube Channel Dedy Setyo Afrianto

Akses Youtube Channel Dedy Setyo Afrianto untuk beragam informasi penting lainnya. Jangan lupa subscribe, like dan komen.