Seri Cloud 11. Penggunaan Contact dan Sinkronisasinya di Gadget Android

Seri Cloud 11. Penggunaan Contact dan Sinkronisasinya di Gadget Android

Salahsatu fitur terbaik yang saya dapatkan ketika menggunakan OwnCloud ini adalah, fasilitas untuk penyimpanan dan manajemen kontak. Maksudnya jika anda memiliki nomor-nomor penting di gadget anda, anda bisa melakukan backup dan penyimpanan di owncloud.

Konsepnya mirip-mirip punya google contact, hebatnya lagi, sinkronisasi ini bisa dilakukan otomatis atau by request. Canggih banget kan ?. Dalam uji coba kali ini saya akan menggunakan smartphone android untuk ujicobanya. Trus gimana caranya, simak terus pembahasannya disini.

1. Pastikan anda telah login ke akun OwnCloud anda.

2. Di sisi sebelah kiri, akan terdapat link Contacts seperti dibawah ini

13

3. Kemudian ada link “New Contact” di sisi tengah untuk menambahkan kontak baru

1

4. pada contoh kali ini, saya akan menambahkan dua nomor kontak, yang pertama adalah no kontak 123456

2

trus, yang kedua akan saya tambahkan dengan nama Mr. X

3

Hasil dari penambahan dua kontak tadi adalah sebagai berikut.

4

Oke, setingan di OwnCloud nya sudah selesai kita lakukan. Berikutnya kita akan konfigurasi di androidnya, langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Download aplikasi CardDAV dari Play Store

1

link nya bisa anda dapatkan dari sini

2. Setelah anda selesai download dan instalasi, langkah berikutnya adalah menambahkan account baru..

3. Jika anda menemukan pilihan  seperti ini maka pilihlah CardDAV

5

4. Klik “Add new account”

5a

5. Tambahkan setingan server dilengkapi username dan password, karena saya buat servernya  di intranet maka untuk isian server name saya isikan alamat server saya disini. jangan lupa diikuti dengan klik tombol NEXT dibagian bawah

6

Oke, sampai disini konfigurasi CardDAV nya sudah selesai. Berikutnya, kita akan atur kontak yang akan muncul di display phonebook kita.

1. Masuk ke “contact” di android anda

2. Pada setting, pilih jendela “Contacts to display ” pilihan display arahkan ke Contacts dengan logo aplikasi CardDAV, seperti nampak dibawah ini

7

3. Anda bisa saja langsung melakukan sinkronisasi dengan cara tap sekali disini, nampak tulisan “Touch to synch now”

8

Dalam beberapa saat, akan muncul 2 kontak yang baru saja saya tambahkan tadi.. seperti pada penampakan dibawah ini

9

bandingkan dengan yang ini

Sama persis bukan ?. Selamat sinkronisasi telah selesai anda lakukan.. Saat ini, jika anda melakukan perubahan, termasuk juga menambah, mengedit dan mengurangi kontak.

Materi berikutnya adalah akan saya sampaikan satu persatu hal-hal apa saja yang bisa anda lakukan menggunakan OwnCloud Contact ini.

1. Import kontak. Jika anda mempunyai ribuan kontak yang ingin anda masukkan ke owncloud, tentu saja tak mungkin anda akan entry satu persatu karena akan menyita waktu sekali. Langkah import ini bisa dilakukan dengan cara, klik import, kemudian cari file vcf anda. Berikutnya tinggal tunggu sejenak, maka akan muncul progress bar yang menunjukan proses import berjalan, tunggu saja sampai selesai, maka semua kontak anda akan terbackup sempurna.

10

2. Mengatur sumber sinkronisasi. Sumber sinkronisasi bisa ditentukan apakah dari phone, ataukah dari server. Jika pada setingan dibawah ini “Sync from server to phone only” di cheklist maka sumber sinkronisasi hanya berasal dari server.

11

Pada setingan yang lebih advanced, maka ada “Sync Direction”, yang mengatur dari mana sumber berasal, jika pada seting ini dichecklist maka sumber hanya berasal dari server. Sebaliknya jika tidak dichecklist, maka sumber bisa berasal dari phone (lihat gambar dibawah ini).

pada opsi “Sync Interval”, Periodic sync interval (interval periodik sinkronisasi) bisa diatur otomatis dengan cara cheklist (lihat gambar dibawah). Intervalnya pun bisa diatur, apakah tiap satu jam, sehari, dua hari dan seterusnya.

12

Demikian pembahasan kali ini tentang pembuatan database contact, pengaturan dan sinkronisasinya. Ternyata fungsi canggih seperti ini, bisa didapatkan di owncloud dengan mudah, sederhana dan tentu saja tetap gratiss..

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

Salam hangat,

Dedy Setyo.

2 thoughts on “Seri Cloud 11. Penggunaan Contact dan Sinkronisasinya di Gadget Android

  1. Pak, permisi numpang tanya. sbetulnya saya blm coba, tapi sedang merancang. kalo misal kita sudah pasang di gadget android, jika ada org lain upload di owncloud apakah ada reminder seperti pesan di androidnya?
    terima kasih

    1. reminder sih tidak, hanya akan muncul informasi di file nya bahwa telah dilakukan upload sekian waktu yang lalu. semisal “file ini telah diunggah 5 menit yang lalu”.. begitu kira2. semoga menjawab 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: