Seri Cloud 12. Menjajal Sinkronisasi Kalender OwnCloud pada PC dan Android

Seri Cloud 12. Menjajal Sinkronisasi Kalender OwnCloud pada PC dan Android

Fasilitas berikutnya yang akan kita bahas dari OwnCloud adalah kemampuannya dalam manajemen agenda, kita bisa memberikan catatan kegiatan-kegiatan esok hari yang menurut kita penting dan bisa membagikannya kepada orang-orang yang kita pilih. Lebih dari itu, menggunakan Firefox Thunderbird dan Android, maka kita bisa dengan mudah melakukan sinkronisasi catatan kegiatan penting tersebut ke device lain.

Hebat banget kan ?. tak menyangka saya bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas canggih ini dari aplikasi open source ini.  Lalu, bagaimana cara melakukannya ?. Skenarionya begini, saya akan coba buat agenda baru melalui OwnCloud nya, kemudian akan saya coba lakukan sinkronisasi dari PC WIndows dan Smartphone android saya. Begitu ya ?. Simak langkah-langkah berikut

1. Pastikan anda telah melakukan login di akun OwnCloud anda

2. Kemudian temukan link “Kalender” ini di sisi sebelah kiri

1

3.  Setelah  kalender nya terbuka, kemudian klik di salah satu cell, semisal saya akan pasang agenda di kamis 24 oktober 2013 tepat jam 8.00

2

4. Akan muncul jendela baru yang berisi keterangan judul sesi, kategori, dan waktu pelaksanaan. Silakan isikan masing-masing form ini kemudian lanjutkan dengan klik “sampaikan”. Oh ya, bagi anda yang ingin ngoprek lebih lanjut, bisa di klik opsi lanjutan untuk seting lebih spesifik akan di share ke siapa, grup apa dan seterusnya.
3

Setelah diklik maka hasil dari entry tadi adalah sebagai berikut

4

Oke, sampai disini  setingan di OwnCloud nya sudah selesai, langkah-langkah berikutnya akan membahas bagaimana seting sinkronisasi di PC Windows dan Android Smartphone nya. Ikuti terus ya..

Sinkronisasi di PC Windows

1. Bagi anda yang pertama kali melakukan instalasi software e-mail client ini, maka software ini berfungsi untuk download e-mail2 anda dari server yang ada di internet ke PC anda, sehingga dalam perjalanannya, ketika anda membutuhkan membaca e-mail maka tak perlu lagi koneksi Internet. Selain itu, software ini juga memfasilitasi untuk pencatatan agenda di PC anda dalam format kalender yang bisa di set, harian, pekanan, bulanan atau tahunan. Contoh software e-mail client ini diantaranya adalaj firefox thunderbird yang bisa di download disini. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

1

Silakan lanjutkan download biasa dan lakukan instalasi.

Setelah terinstall, Anda bisa membuka aplikasi firefox thunderbird yang telah anda install tadi pada ikon seperti ini.

2

2. Agar Thunderbird ini bisa berfungsi optimal dalam tutorial ini, diperlukan “Lightning” sebagai add ons tambahan agar bisa memanajemen jadwal, silakan download bisa melalui link ini Setelah terdownload pastikan anda tahu tempat file lightning nya tersimpan.

0

Setelah terbuka, maka pada sisi pojok kanan atas, akan ada setting untuk menambah “add-ons” silahkan di klik
3

 

sekarang kita akan melakukan install add-ons dari file yang telah kita download sebelumnya. Klik “Install add-ons From File…”

01

Klik “install now” untuk melanjutkan

03

3. Agar bisa digunakan instalasi add-ons nya, maka diperlukan restart aplikasi firefox thunderbird nya (bukan PC nya lho ya)

02

4. Saya anggap sudah restart dengan baik, dan aplikasi firefox thunderbird nya sudah ready kembali. Berikutnya adalah kita akan utak atik bagian kalender aplikasi ini. Klik File>>New>>Calendar

04

5. Sampai disini anda akan ditanyakan pada dua pilihan lokasi penempatan kalender, kita pilih “On the Network”, lanjutkan dengan klik “Next”

05

6. Pada jendela berikutnya, pilihan format pilihan remote kita akan memilih “CalDAV”.

07

Sementara pada “Location” form ini bisa kita isi berdasarkan sumber dari sharing link dari OwnCloud nya. Silakan anda buka lagi seting kalender dari OwnCloud, pada lingkaran bergerigi di klik, kemudian diikuti klik lagi dari bulatan kecil bola bumi, nanti anda akan mendapatkan link anda sendiri.

kalo link saya seperti ini

http://192.168.0.10/nfbscloud/remote.php/caldav/calendars/dedy/defaultcalendar

pada user anda, tinggal diganti saja “dedy” menjadi nama user anda. Kembali lagi pada jendela dibawah, silakan masukan “Location” anda, ikuti dengan klik “next”

07

7. Masuk pada jendela baru, anda bisa memilih color, lanjutkan “next” lagi

08

8. Saat ditanyakan seperti ini, maka masukan saja user password akun anda di OwnCloud, trus klik OK

09

9. Akhirnya sudah berhasil terbuat dengan baik, klik Finish untuk selesai

10

10. Untuk menguji sinkronisasinya, silakan buka kalendernya, maka akan anda dapati isian di OwnCloud sudah terintegrasi disana.

11

Bagaimana mudah bukan.. ?. Saat ini sinkronisasi di PC anda sudah berhasil dilakukan. Berikutnya akan kita bahas sinkronisasi yang terjadi pada smartphone android.

Sinkronisasi di Smartphone Android

1. Pertama, tentu saja kita akan lakukan instalasi progam pendukungnya, pengalaman saya ada banyak sekali di anroid untuk melakukan sinkronisasi ini, kalau saya memilih “Cal-DAV Sync”, tampilannya seperti ini

Silakan bisa di download dan install pada link ini

Oke saya anggap anda sudah bisa melakukan instalasi dengan baik. Selanjutnya, akan kita lakukan seting pada Calendar bawaan dari androidnya.

2. Buka aplikasi calendar nya seperti ini

12

lalu buka pada settings

13

4. Tambahkan account baru lewat “Add Account”

14

5. Kemudian klik pada bagian “CalDAV Sync Adapter”

15

6. Nah, pada jendela Sign in, masukkan akun anda (user-password) juga location : http://192.168.0.10/nfbscloud/remote.php/caldav/ lanjutkan dengan klik “Sign in or Register”

16

7. Akan muncul account dedy disana, kemudian klik “dedy”

17

8. pada jendela Sync, pilih “dedy CalDAV”

18

Selesai, tak berapa lama, pada calender yang tadinya kosong, akan muncul sinkronisasi isian anda dari OwnCloud seperti tampilan di bawah ini.

21

Jika kita klik satu persatu, maka akan muncul detail seperti dibawah ini

19

dan ini

20

Mudah banget kan ?. Saat ini dua device anda, satu di PC dan satu lagi di android telah sinkronisasi otomatis dengan OwnCloud.

Mantab kan.. Selamat mencoba dan bereksplorasi.

Semoga bermanfaat

Salam hangat,

Dedy Setyo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: