telephone

Seri Trixbox 1. Membangun Sentra Telepon Gratis Berbasis VoIP

Daftar isi tulisan berseri trixbox :

  1. Seri 1 Membangun Sentra Telepon Gratis Berbasis VoIP 
  2. Seri 2 Konfigurasi PC Agar Dapat Terkoneksi dengan Server VoIP Trixbox
  3. Seri 3 Koneksi gadget android dengan VoIP trixbox
  4. Seri 4 Konfigurasi IP Phone untuk telepon gratis via Trixbox
  5. Seri 5 Seting Klien Linux Ubuntu pada VoIP Trixbox

Selamat membaca !


Memiliki area tempat tinggal/sekolah lebih kurang 33 hektar adalah sebuah keuntungan tersendiri, disamping luasnya lahan untuk sumber daya belajar, sisa lahan dapat dipergunakan untuk aktivitas produktif semacam olahraga dsb. Namun disisi lain area seluas ini dengan kontur lahan yang berbukit-bukit, menyebabkan komunikasi dan transportasi menjadi lumayan mahal. Sebagai informasi, sekolah kami Nurul Fikri Boarding School -Serang, Banten dibangun di tanah dengan kontur berbukit dan berlembah dan dipisahnya area/tempat tinggal untuk santri putra dan putri. Kadang saya sendiri untuk mengajar di tempat-tempat ini lumayan juga walaupun sudah mengendarai motor.

Bagaimana dengan urusan komunikasi ?, ini yang agak menggelitik bagi saya untuk tertantang membuat sistem komunikasi yang gratis, dapat diandalkan dan tentu saja suaranya jernih. Setelah baca buku sana-sini, diskusi dengan teman2 di komunitas IT, akhirnya tercetuslah membuat sistem komunikasi ini. Saya tuliskan disini untuk dokumentasi pribadi, namun semoga bermanfaat juga untuk rekan-rekan yang mencari solusi serupa, “komunikasi gratis tanpa batas”.

Saya coba analisis, dengan potensi yang sudah kami punyai, yakni jaringan komputer yang hampir2 100% menjamah seluruh titik-titik penting di tempat kami, kenapa tidak kami manfaatkan saja ?. Kondisinya kurang lebih seperti ini ;

peta jaringan NFBS
Pemetaan dan Potensi Jaringan NFBS

Seperti anda lihat pada gambar diatas, semua titik-titik penting yakni perkantoran, perpustakaan, laboratorium nyaris semuanya telah terkoneksi dengan jaringan intranet. Sehingga modal ini cukup bisa untuk menjadi saluran komunikasi kami. Misalnya, masih ada titik lain yang belum maksimal terkoneksi, bisa disambungkan di kemudian hari. Oh ya, sekilas info, kira-kira sudah 5 bulanan ke belakang, sambungan antara labkom wilayah putra dan putri yang tadinya menggunakan jaringan wireless, telah kami sambungkan dengan Fiber Optic, anggap saja ini investasi untuk banyak pengembangan ke depan.

Menurut wikipedia, Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Analoginya sederhana, sinyal analog untuk berkomunikasi yang biasa kita lakukan di telepon konvensional, kita alirkan lewat sambungan digital. Untuk mempelajari lebih lanjut, banyak referensi gratis yang bisa didapatkan, salah satunya disini.

Dalam dunia open source, solusi diantaranya adalah trixbox, menurut saya implementasinya tidak terlampau sulit, tinggal biasanya kalau sudah stack kebanyakan orang malas membaca readme, nah tutorial ini mencoba menyederhanakan itu. Agar enak dan bisa dipraktekkan, silakan download trixbox disini. Sebagai catatan, langkah-langkah dibawah ini asumsinya anda sudah lumayan familiar dengan platform Linux, karena trixbox sendiri adalah turunan CentOS. Minimalnya sudah pernah menginstal linux dan kroni2nya lah.. he he.

Langkah-langkah membangun server VOiP nya begini  :

1. Pastikan trixbox sudah didwonload dan telah di burning ke CD/DVD.

2. Lakukan booting ke PC untuk server voipnya, dengan minimal hardisk 40 GB dan memory 1 GB, rasanya sudah lebih dari cukup. Tampilannya seperti di bawah ini.

Booting Trixbox
Booting Trixbox
Proses Lanjutan Booting Trixbox
Proses Lanjutan Booting Trixbox

3. Tunggu proses booting sejenak, akan muncul tampilan berikutnya, pilih seting waktu. Asia/Jakarta

Memilih seting waktu trixbox
Memilih seting waktu trixbox

4. Masukkan password untuk root dan ingatlah selalu.

Memilih password root trixbox
Memilih password root trixbox

5. OS akan melakukan format penuh pada isi hard disk, cepat/lamanya bergantung dari seberapa besar harddisk yang anda punya.

Format harddisk oleh trixbox
Format harddisk oleh trixbox

6. Menunggu  proses data sampai selesai.

Memulai instalasi paket yang dibutuhkan
Memulai instalasi paket yang dibutuhkan
Instalasi paket software trixbox berlangsung
Instalasi paket software trixbox berlangsung

7. Jika semua paket software telah diinstal dengan baik, maka komputer akan restart dan silakan keluarkan CD/DVD booting trixbox nya.

Proses finalisasi instalasi trixbox
Proses finalisasi instalasi trixbox

Sampai disini, trixbox telah berhasil terinstall, pastikan semua langkah diatas berjalan dengan sempurna. Jika ada masalah dengan pembacaan DVD/CD, instalasi bisa dilakukan mengulang dari awal. Kemudian, pc akan menyala kembali dengan tampilan grub berwarna hijau seperti ini :

PC Trixbox sudah menyala kembali
PC Trixbox sudah menyala kembali

8. Tunggu sejenak, kemudian pada halaman login, silakan user root beserta password nya yang telah dimasukkan diawal.

Masukkan password trixbox
Masukkan password trixbox

9. Agar dapat diremote dengan mudah dalam jaringan LAN, silakan seting IP nya secara manual. Caranya seperti ini ;

Ubah Script eth0 di folder /etc/sysconfig/network-scripts/

[root@on ~]#cd /etc/sysconfig/network-scripts/
[root@on network-scripts]#

[root@on network-scripts]#vi ifcfg-eth0

Kemudian isikan dengan skrip berikut ini (misalnya) :

DEVICE=eth0
BOOTPROTO=static
BROADCAST=192.168.6.255
IPADDR=192.168.6.31
NETMASK=255.255.255.0
NETWORK=192.168.6.0
ONBOOT=yes
TYPE=Ethernet

simpan dan keluar dengan menggunakan Esc diikuti dengan :wq kemudian enter.

 

Setelah ini bisa restart pc dengan perintah reboot.

Sampai disini pembuatan server VoIP telah selesai, pada tulisan berikutnya akan diulas bagaimana seting perangkat client agar dapat berkomunikasi . Terus simak pembahasannya !.


e-book Trixbox gratis.. mau ?

Dalam rangka maulid nabi Muhammad SAW, DedySetyo.Net membagi-bagikan e-book trixbox gratis karangan Barrie Dempster & Kerry Garison setebal 166 halaman. Penampakannya kayak gini :

buku_trixbox

Setelah saya cek di amazon.com ternyata harganya $35 alias sekitar Rp.350.000, –

amazon_buku_trixbox

ini bagi yang mau lho ya.. saya nggak maksa dan nggak ambil tarif sepeser pun.. he he

Caranya begini :

1. Share tulisan ini ke status FB anda dengan cara klik tombol ‘share’ facebook dibawah. Penampakannya kayak gini –> fb

2. Tulis di wall fb saya Dedy Setyo Afrianto sebagai laporan kalo sudah anda share, jangan lupa tulis emailnya ya.. 🙂

dalam waktu 1 x 24 jam, insyaAllah akan saya kirim ke email anda.. mudah2an tidak ada listrik mati atau perjalanan dinas mendadak (kalau itu hal lain.. he he), kalau kelupaan mhn diingatkan ajah..

Oke. demikian update hari ini..

Selamat membaca !

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

25 thoughts on “Seri Trixbox 1. Membangun Sentra Telepon Gratis Berbasis VoIP”

  1. terima kasih mas dedy, kayanya artikel ini bisa jadi pertimbangan saya untuk TA saya. sangat bermanfaat

  2. pak saya install trixbox pake flashdisk ko malah jadi hasil installanya masuk flasdisk itu juga, hardisk malah gak ke pake

    1. nampaknya terjadi kesalahan saat pilihan instalasi di storage ya mas steven..biasanya memang kalo nggak ngeh, kita milihnya tuh di setingan default yang berarti memilih storage terdekat..solusinya sih, bisa install ulang mas.

      1. saya gak menemukan pilihan hardisk saat install, yang saya setting di bios di awal itu hardisk saya disable, karena mau bootable pake flasdisk settingan hardisk harus dibawah Generic Flashdisk. dan saat install pake bootable flasdisk pun ditengah minta masukkan CD jadi saya bikin CD bootable juga, namun proses copyng system justru masuk ke FD karena dikira dari system FD lah sebagai Hardisk nya. solusinya gimana pak?
        mohon maaf kalo bingungi, terimakasih

        1. ow, kalo hardisk nya disable maka benar dia akan install di fdnya. Jadikan 2nd boot aja hardisknya mas steven.. Trus untuk tahapan instalasi, mendingan pake cd booting aja menurut saya. Lihat di step 4 dan 5 tulisan ini, program langsung instal ke hd dan formatisasi keseluruhan. Sehingga hd pun qt pake yang memang sudah siap full format. Demikian. Mudah2an menjawab ya.. 🙂

    1. untuk servernya : 1 pc. utk client nya kalo sekedar uji coba, 2 pc. Dan tentu saja jaringan komputer yg menghubungkan server dan client. Demikian mas luqman.

  3. permisi pak saya mau tanya ….

    saya install trixbox di virtual box dan ip nya suda dii konfigurasi. yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mengakses webconfig trixbox yang terinstall di virtual box…

    sekian terimakasih…

  4. Mohon solusinya pak
    Iso Trixbox yg udah saya burning ke cd lancar saja
    tp pas instalasi setelah input setting keyboard muncul tulisan
    The TrixBox CD was not founf in any of yaour CDROM drives, Please insert the trixbox CD and ppess Ok to retry ???

    Apakah ada cd tambahan pak ?
    terima kasih sebelumnya

  5. kalau ini di buat TA enak nya judulnya apa ya mas..??
    untuk e-book nya bisa di kirim ke email saya mas..?

  6. Gan, klo dalam penginstalan untuk versi ini diperlukan username dan password dari fonality gak ?
    saya coba download versi terbaru membutuhkan activation username dan password dari intel.
    mohon pencerahannya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.