Seri Cloud 6. Sinkronisasi Otomatis Mudah antara Server OwnCloud dengan Android User

Seri Cloud 6. Sinkronisasi Otomatis Mudah antara Server OwnCloud dengan Android User

Setelah beberapa saat yang lalu, Kita bereksplorasi dalam pembuatan toko online. Kita lanjutkan kembali petualangan dalam mengoprek Cloud kita. Sangat dianjurkan bagi Anda yang baru saja akan memulai, membaca serial OwnCloud dari sini. Membaca dari seri pertama tidak saja membuat anda akan memahami maksud saya dalam pembuatan project ini, juga akan memudahkan Anda mengimplementasikan dalam konteks lingkungan Anda.

Oke, tulisan ini akan mengulas tentang sinkronisasi server OwnCloud dengan Gadget Android melengkapi sebelumnya sinkronisasi di Klien PC Windows dan Ubuntu. Capture gambar-gambar di bawah ini semuanya dilakukan menggunakan Samsung Galaxy Tab 2 10.1 inch versi Android ICS. Saya maksudkan agar sekaligus dijadikan alat peraga untuk uji coba. Menggunakan perangkat yang lainnya, bisa jadi ada kegagalan sehingga apabila ada perbedaan perangkat saya tidak menjamin keberhasilan 100 %.

Bagi anda pemiliki gadget Andorid dan rajin surfing di Google Play maka anda akan tahu bahwa aplikasi sinkronisasi OwnCloud untuk gadget android ini tidak gratis. Seperti terlihat di bawah ini.

oc

Nah, akan saya berikan cara agar anda dapat melakukannya dengan gratis, saya sendiri belum bisa membandingkan sendiri apakah perbedaan versi berbayar dengan gratis yang akan saya paparkan di bawah ini. Bagaimana caranya ?:

1. Buka server penyedia software android clientnya disini kemudian klik pada ikon OwnCloud (gambar awan) seperti di bawah ini

1

2. Klik langsung ke link download apk 1,8 MB kecepatan koneksi tergantung dari gadget anda

2

3. Setelah terdownload, proses instalasi sedang berjalan, harap bersabar karena tahapan ini tidak akan terlalu lama.

3

4. Setelah terinstall, kemudian buka aplikasinya. Pada opsi Add account pilih ownCloud

4

5. pada jendela berikutnya silakan isikan

URL : Alamat server cloud anda, jika anda mengikuti seri pertama tutorial ini, sebagai contoh isikan 192.168.0.10/nfbscloud

Username : User yang akan disinkronisasi, semisal : dedy

Password : Password akun terkait.

5

Selamat, anda telah berhasil login ke akun anda melalui gadget sekarang. Pada pojok kanan atas (gambar lingkaran) akan refresh untuk sinkronisasi otomatis.

6

Nah, tahapan berikutnya adalah anda bisa saja melakukan upload melalui halaman ini menggunakan link berikut pada bagian pojok kanan atas. Ikuti prosedurnya dengan mudah diikuti dengan memilih file di gadget anda. Oh ya, anda melihat ada tombol Settings dibawah menu Upload ?. Iya, silakan diexplore disini, termasuk juga ada opsi checklist untuk melakukan share/upload gambar langsung bahkan saat gambarnya sedang dibuka.

8

Berikutnya akan saya demokan bagaimana cara jika anda memiliki gambar menarik dan akan langsung ingin di upload ke akun owncloud anda. Buka gambar yang akan di upload dari galeri, kemudian pada tombol share silakan pilih tombol owncloud kemudian tunggu proses upload berlangsung.

10

Dalam hitungan yang tidak terlalu lama, maka lihat file gambar anda akan langsung terupload. Lihat hasilnya di bawah ini.

11

Dalam beberapa percobaan, dari samsung galaxy tab saya, untuk file ukuran kurang dari 10 MB yang di upload maka terjadi delay waktu sekitar 2 detik dengan kondisi terkini jika saya buka akun pada PC. Mantab kan ?.  Saya kira, ini merupakan solusi praktis bagi anda yang sering mobile dan membutuhkan pertukaran data ekstra cepat dan tentu saja FREE!.

Oke, selamat mencoba.

Salam hangat,

Dedy Setyo.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: