komunikasi2

Seri Trixbox 2. Konfigurasi PC Agar Dapat Terkoneksi dengan Server VoIP Trixbox

Daftar isi tulisan berseri trixbox :

  1. Seri 1 Membangun Sentra Telepon Gratis Berbasis VoIP 
  2. Seri 2 Konfigurasi PC Agar Dapat Terkoneksi dengan Server VoIP Trixbox
  3. Seri 3 Koneksi gadget android dengan VoIP trixbox
  4. Seri 4 Konfigurasi IP Phone untuk telepon gratis via Trixbox
  5. Seri 5 Seting Klien Linux Ubuntu pada VoIP Trixbox

Selamat membaca !


Ini merupakan lanjutan dari tulisan Membangun Sentra Telepon Gratis Berbasis VoIP yang jika tidak ada masalah dalam setiap langkah-langkahnya, maka berikutnya adalah bagaimana seting klien untuk dapat terhubung dengan server dan menggunakan server tersebut untuk komunikasi. Dalam penulisannya saya coba sebutkan beberapa perangkat yang dapat tersambung  dengan server VoIP kita, ini semua yang pernah saya pakai dan ujicobakan sendiri, yakni:

  1. PC OS Windows dan Linux. Saya pernah nyoba di win XP dan 7 cukup stabil dan sangat jernih untuk suaranya. Untuk Linux karena saya pake ubuntu jadi pernah saya tes dan hasilnya cukup baik, untuk distro yang lain seperti OpenSuse teman saya pernah mencoba dengan hasil yang cukup bagus juga, selain 2 distro tsb silakan dites sendiri. he he.
  2. Gadget/tablet Android. Untuk OS lain semacam Blackberry OS atau iOS (punya iPhone) belum pernah di  ujicoba karena gak ada yang beliin..he he
  3. IP Phone. Beberapa yang dijual dipasaran semisal IP Phone SIP-T20 merk Yealink dengan harga 600 rb an sudah cukup mantap untuk fix phone.

Oke, sekarang kita akan melakukan konfigurasi untuk PC windows terlebih dulu, siapkan paling tidak 2 PC Windows (plus masing-masing headset microphone) untuk klien agar bisa dicoba untuk call to call. Enaknya trixbox adalah konfigurasinya bisa dilakukan di manapun asalkan masih terkoneksi jaringan, dan semuanya berbasis web.

Seting PC Server dari browser PC lain

1. Buka server VoIP kita di browser PC lain. Ketikkan alamatnya, sebagai contoh karena kita men-set pada tulisan sebelumnya dengan IP 192.168.6.31 , maka ketikkan IP tersebut. klik pada pojok kanan atas link switch maka akan muncul halaman login, defaultnya masukkan user name : maint ; password : password

Halaman awal trixbox
Halaman awal trixbox
Login Trixbox
Login Trixbox

2. Setelah berhasil masuk, Silakan klik pada PBX — kemudian PBX Settings

Klik PBX--PBX Settings
Klik PBX–PBX Settings

3. Pada sisi kiri, klik Extensions

Klik Extensions
Klik Extensions

4. Pada halaman baru Add an Extension, Device biarkan pada pada pilihan default, Generic SIP Device, kemudian klik Submit

Klik Submit
Klik Submit

5. nah kita sekarang sudah masuk pada halaman Add SIP Extension, entrian dibawah ini adalah sample saja, Anda bisa saja mengisikan dengan isian lain.

Masukkan User Extension (Nomor Telepon) : 123

Display Name : dedy

SIP Alias : dedy

Masukkan extensi SIP
Masukkan extensi SIP

masih pada halaman yang sama, scroll agak ke bawah maka anda akan menemukan Device Options, secret merupakan password untuk klien tersebut jika ingin merubah setingan. Untuk samplenya saya isikan 123456 saja.

Password untuk device
Password untuk device
Apply Configuration
Apply Configuration

Jika semua sudah diisikan, pada tombol terbawah, klik SUBMIT. Jangan lupa klik Apply Configuration Changes Dilanjutkan dengan Continue with Reload

Continue with reload
Continue with reload

Sampe disini, konfigurasi untuk server nya sudah selesai. Anda bisa melihat pada sisi sebelah kanan untuk memastikan isian barusan. Sudah terdaftar dedy<123> artinya dedy terdaftar pada nomor 123.

Daftar ekstensi yang aktif
Daftar ekstensi yang aktif

Logika ini hampir sama dengan sentra telepon komersil yang biasa kita pakai bahwa nomor memang dibuat oleh pihak operator. Enaknya disini karena kita yang memiliki sentra telepon, maka nomor bebas kita mau nentukan jumlah digitnya ataupun angkanya. Menarik bukan ?

Sekarang kita masuk pada konfigurasi untuk klien, ada beberapa software SIP client yang menarik, cuman saya rekomendasikan menggunakan x-lite karena selain populer, software ini telah saya uji dengan baik dan cukup stabil.

Langkah-langkah Seting di PC Klien :

silakan di coba pada PC yang telah disiapkan untuk klien, PC ini tidak banyak syarat, yang penting terinstall Windows XP/7 dan tersambung dalam jaringan serta bisa nge-ping ke PC server VoIP dan bisa reply dengan baik.

1. Silakan diunduh disini software x-lite nya. Setelah diunduh, trus install sendiri ya. mohon maaf, untuk urusan install saya tidak usah bahas disini, saya asumsikan Anda sudah sangat terbiasa melakukan hal ini. kalau sudah beres installnya, nanti begitu dipakai akan muncul seperti ini.

Tampilan X-Lite
Tampilan X-Lite

masih muncul tulisan No SIP account are enabled dikarenakan belum ada setingan apapun didalamnya.

2. Kemudian klik kanan pada layar, dan silakan klik SIP Account Settings…

SIP Account Settings
SIP Account Settings

3. Isikan pada masing-masing form seperti ini (isian ini merujuk pada entrian server).

Display Name : dedy

Username : 123

Password : 123456

Authorization Username : 123

Domain (IP server) : 192.168.6.31

Kemudian lanjutkan dengan klik OK.

Setting Account
Setting Account

4. Kemudian dilanjutkan dengan Close

Tombol Close
Tombol Close
Sudah ready
Sudah ready

5. Selamat,.. muncul tulisan Ready artinya telah terkonfigurasi dan terkoneksi dengan baik.

6. Sekarang, akan coba saya tes dengan PC yang lain yang telah saya seting..akan saya coba calling user dedy dengan nomor 123 ini dari PC lain.  dan tha da… 😉

Panggilan dari demo
Panggilan dari demo

Alhamdulillah berhasil dengan baik. Untuk menjawab panggilan tinggal click Answer atau Ignore untuk menolak panggilan..
Sampai disini komunikasi antar PC telah berhasil, .. pada tutorial berikutnya, kita akan menseting pada gadget/tablet android dan IP phone sehingga semua perangkat itu bisa berjalan dan melakukan komunikasi dengan gratis..tis..

Selamat mencoba !.


e-book Trixbox gratis.. mau ?

Dalam rangka maulid nabi Muhammad SAW, DedySetyo.Net membagi-bagikan e-book trixbox gratis karangan Barrie Dempster & Kerry Garison setebal 166 halaman. Penampakannya kayak gini :

buku_trixbox

Setelah saya cek di amazon.com ternyata harganya $35 alias sekitar Rp.350.000, –

amazon_buku_trixbox

ini bagi yang mau lho ya.. saya nggak maksa dan nggak ambil tarif sepeser pun.. he he

Caranya begini :

1. Share tulisan ini ke status FB anda dengan cara klik tombol ‘share’ facebook dibawah. Penampakannya kayak gini –> fb

2. Tulis di wall fb saya Dedy Setyo Afrianto sebagai laporan kalo sudah anda share, jangan lupa tulis emailnya ya.. 🙂

dalam waktu 1 x 24 jam, insyaAllah akan saya kirim ke email anda.. mudah2an tidak ada listrik mati atau perjalanan dinas mendadak (kalau itu hal lain.. he he), kalau kelupaan mhn diingatkan ajah..

Oke. demikian update hari ini..

Selamat membaca !

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

7 thoughts on “Seri Trixbox 2. Konfigurasi PC Agar Dapat Terkoneksi dengan Server VoIP Trixbox”

  1. mau tanya pak..ketika saya tambah extensi di server voip nya..kok masksimal cuma lima extensi ya??? apa memang maksimal lima atau gmn ya?? terima kasih

  2. Saya mau tanya pak, bagaimana cara agar ip server di browser dpt digunakan utk remote trixbox sementara setting ip access point juga menggunakan ip server? Mohon bantuannya.. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.