moodle28

Cara Mudah Instalasi Moodle pada PC Windows

Setelah sebelumnya kita telah berhasil melakukan instalasi Moodle pada server linux, pada tulisan ini akan dibahas instalasi Moodle pada lingkungan Windows. Sebagai bahan eksperimen Kita akan menggunakan PC yang telah terinstall Windows 7. Untuk software pelengkap servernya, program yang diperlukan berikutnya adalah XAMPP dan Moodle. Kita akan menggunakan XAMPP versi 5.6.8. Sebagai informasi, bagi Anda yang baru belajar mengutak atik didunia web programming, versi ini merupakan packing beberapa program yakni :

  • PHP 5.5.24 / 5.6.8
  • MySQL 5.6.24
  • phpMyAdmin 4.4.3
  • OpenSSL 1.0.1m (OS X and Linux)
  • XAMPP welcome page (beta)
  • Fix charset admin pages
  • OS X HOW-TO guides
  • SSL support for PostgreSQL PHP extension
  • PHP XMLRPC extension
  • PHP MSSQL extension

Paket sebanyak ini bisa didapatkan hanya dengan sekali install XAMPP ini. Untuk download bisa cek disini https://www.apachefriends.org/xampp-files/5.6.8/xampp-win32-5.6.8-0-VC11-installer.exe

Setelah terdownload, maka silakan lakukan instalasi. Seperti program windows kebanyakan, instalasi program ini memang didesain dengan mudah termasuk saat kita melakukan instalasinya. Untuk percobaan ini, Saya akan lakukan instalasi di partisi D:\xampp\xampp_new. Jika Anda memilih pada folder lain, silakan menyesuaikan ya.

Sebagai informasi, pada XAMPP ada folder “htdocs” yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file-file pada servernya. Kalo diPC saya, maka tempatnya ada di D:\xampp\xampp_new\htdocs. Folder “htdocs” ini jangan didelete, dipindah atau rename karena akan memiliki pengaruh pada Moodle anda suatu saat nanti.

Kemudian, untuk Moodle nya, kita akan menggunakan yang versi 2.8.5 yang bisa didownload disini https://download.moodle.org/download.php/stable28/moodle-latest-28.zip

Besaran file ini kurang lebih sampai dengan 45 MB. Untuk memulai, setelah terdownload maka lakukan ekstrak pada folder htdocs, sehingga folder hasil ekstrak yang bernama “moodle” akan berposisi pada D:\xampp\xampp_new\htdocs\moodle. Untuk proses ekstrak nampak seperti pada dibawah ini.

1

Baik, setelah terkestrak dengan benar, maka langkah berikutnya adalah kita akan melakukan instalasi Moodle nya.

1. Untuk memulai instalasi Moodle, pastikan service pada Apache dan MySql nya berjalan dengan normal. Pada folder “xampp_new” ada file yang bernama “xampp_control.exe” yang bisa dieksekusi sebagai control panel xampp. Jika sudah running pada Apache dan MySql akan tampak seperti pada dibawah ini

xampp

2. Buka pada browser favorut anda, alamat http://localhost/moodle kemudian pilih bahasa untuk instalasi, kalo saya lebih senang dengan bahasa English (en) karena kalo di indonesiakan biasanya agak aneh terbacanya. Tapi sekali lagi, ini masalah selera saja ya. 😀

Setelah terbuka halamannya, maka klik Next
2

3. Pada halaman berikutnya, maka akan muncul form untuk diisi sesuai dengan alamat path instalasi kita. Pada Web address dan Moodle directory, akan muncul otomatis sesuai. Sedangkan Data directory sebenarnya fleksibel diisikan dimana saja, asalkan tidak sama dengan Moodle directory. Sebagai informasi, Data directory ini digunakan sebagai data cahing yang akan menyimpan semua data akses kita agar lebih cepat pada akses berikutnya. Pada Moodle, folder ini penting untuk dibuat. Akhiri dengan klik Next.
3

4. Pada halaman berikutnya, biarkan default saja pada MySQL kemudian lanjutkan dengan Next.
4

5. Tahap selanjutnya, kita akan membuat database  melalui phpMyAdmin. Buka pada tab baru di browser dengan alamat http://localhost/phpmyadmin. Pada Databases buat database baru dengan nama moodle.

5

6. Kembali pada tab sebelumnya, isikan Database name dengan moodle, sementara user dengan root. Untuk password biarkan saja kosong (blank), karena instalasi default pada xampp memang demikian. Lanjutkan dengan klik Next.

6

7. Pada halaman agreement, klik dengan Continue.
7

8. Halaman berikutnya, akan dilakukan checking komponen-komponen yang diperlukan Moodle. Jika semua paket yang diperlukan sudah lengkap, maka akan muncul teks “Your server environment meets all minimum requirements”. Lanjutkan dengan klik Continue.
8

9. Kemudian, tahap berikutnya merupakan fase instalasi, ini merupakan tahapan inti instalasi Moodle nya sehingga akan berlangsung relatif lama dengan masing-masing komponen akan muncul Success jika telah berhasil.

9

10. Jika instalasi telah selesai, maka masuk pada entry halaman admin, isikan username, password, dan komponen lainnya disini.

10

11. Jika telah selesai, maka akan terlihat halaman moodle nya melalui http://locahost/moodle

11

Oh ya, dalam instalasi moodle ketika menggunakan xampp, dalam beberapa kasus ketika telah terinstalasi akan muncul halaman blank sehingga tidak dapat diakses. Untuk mengatasinya sialakan buka halaman /moodle/admin/index.php dan temukan baris ini

redirect(“index.php?sessionstarted=1&lang=$CFG->lang”);

Berikan double slash di awal, sehingga agar tidak berfungsi menjadi

//redirect(“index.php?sessionstarted=1&lang=$CFG->lang”);

Demikian instalasi moodle pada PC Windows, semoga bermanfaat.

Salam,

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

2 thoughts on “Cara Mudah Instalasi Moodle pada PC Windows”

  1. untuk mengganti tema pada moodle 2.9 bagaimana pak ? soalnya tema sudah didownload dan dimasukan kedalam moodle/theme/ tetapi pada pemilihan tema pada appearance tidak ada judul atau tema yg sudah dimasukan td. mohon penjelasannya pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.