Narasumber pelatihan pengantar e-learning dan project based learning

Sabtu pagi yang lalu, alhamdulillah diberikan kesempatan untuk dapat membersamai guru-guru keren dan hebat dari Ummul Quro Depok. Training ini bertajuk, “Pelatihan Guru Hebat. Pemanfaatan e-elarning dan Metode Project Based Learning (PjBL) untuk Pembelajaran”.

Pelatihan ini merupakan sesi pertama, sebagai overview terkait penyamaan persepsi tentang e-learning. Kemudian dilanjutkan bagaimana merakitnya menggunakan metode PjBL.

Peserta pelatihan ini hampir mencapai 90 orang yang terdiri dari guru SDIT dan SMPIT Ummul Quro Depok. Para peserta sangat antusias mulai dari pk. 09.00 dan berakhir pada pk.12.00 WIB. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan (Peningkatan Intelektual) yang dikoordinasikan oleh Ustadzah Rukoyah dan Ustadz Nowo.

Sesi penyampaian materi dan dialog dengan peserta

Pelatihan ini diselingi dengan sesi survey terkait dengan gamabran umum yang didapatkan oleh peserta jika mendengar kata terkait e-learning, hasilnya kita buat cloud words yang menjadi seperti berikut

Cloud words dari peserta jika mendengar e-learning

yang dapat disimpulkan sejenak, bahwa sebagian peserta sudah pernah mendengar istilah e-learning.

Kemudian, saya ingin melakukan survey juga terkait penggunaan sosial media yang aktif dipakai oleh para guru

Paling banyak para peserta,menggunakan Instagram sebesar 39 %

Menggunakan Instagram sebagai medsos, artinya para peserta yang sebagian atau hampir semua guru, merupakan profil yang giat menggunakan medsos kekinian, hal ini bisa dipahami bahwa naik daunnya Instagram saat ini di Indonesia, merupakan salah satu media yang digandrungi generasi milenial saat ini, dibanding dengan generasi sebelumnya seperti Facebook dan twitter dari masa popularitasnya yang relatif lebih dulu muncul ke masyarakat.

Hal ini menjadi potensi tersendiri, sebelum kita berbincang banyak terkait dengan e-learning, maka kecakapan guru dalam menggunakan piranti tersebut memang sudah memiliki pengalaman terlebih dahulu.

Hasil survey terkait persepsi peserta terhadap daya dukung e-learning di lembaganya

Hasil survey diatas menunjukkan bahwa, pada kesiapan SDM, tingkat persepsi peserta menunjukkan pada point 6.6 yang notabene paling banyak dibandingkan faktor dukung yang lain.

Penyajian materi

Walhasil, setelah kurang lebih tiga jam sesi materi ini berakhir, disela-sela materi ada satu peserta dan satu kelompok yang mendapatkan buku saya yang berjudul “The Power of ownCloud” sebagai oleh-oleh untuk mereka.

Cover buku The Power of ownCloud

Semoga pelatihan ini membawa banyak manfaat, menjadi inspirasi untuk akselerasi mutu pembelajaran di masa yang akan datang.

Salam hangat,

Dedy Setyo.

Sesi foto penutupan dan pemberian cindera mata oleh panitia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.