sentence-clipart-Learning-Materials--Reading-Rods-Sentence-Building-Kit-Grade-1and-Up--LER7103_L

Seri HotPot 2. Membuat media pengurutan kata sesuai kaidah

Setelah sebelumnya kita membuat TTS untuk melatih dan menguji penguasaan definisi, tulisan kali ini kita akan membahas tetang pembuatan media untuk mengurutkan kata-kata sesuai kaidah Subjek – Predikat – Objek – Keterangan (SPOK). Media ini diperlukan sekali oleh guru bahasa, agar dapat mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam menyusun kata menjadi kalimat yang bisa dibaca dengan mudah karena sesuai kaidah baku bahasa.

Kita masih menggunakan Hot Potatoes, kali ini kita akan menggunakan JMix. Menggunakan JMix ini ide awalnya adalah Anda diharuskan memiliki satu contoh kalimat baku terlebih dahulu, nah oleh komputer nanti akan diacak. Tidak hanya menyusun kata menjadi kalimat, untuk tahapan berikutnya, bisa juga digunakan untuk menyusun kalimat menjadi paragraf yang benar sesuai peristiwa.

Sample kalimat baku untuk  ujicoba ini saya menyiapkan satu kalimat seperti ini

Andi dan Budi pergi ke toko buku hari senin kemarin

Kemudian bagaimana langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi JMix di Hot Potatoes

2. Ketika sudah terbuka, maka kalimat baku diatas bisa dikopikan dibagian kanan “Alternate sentence” dan “Main sentence” di sebelah kiri. Sebelumnya saya jelaskan , bahwa “Main sentence” ini digunakan untuk mengacak sejumlah kata yang tersedia, untuk satu kata/penggalan dibatasi oleh baris. Sehingga jika kita ingin menjadikan satu penggalan, maka dibatasi oleh baris, baris berikutnya akan dianggap kata baru/penggalan baru.  Sementara fungsi “Alternate sentence” akan digunakan sebagai kunci jawaban yang benar, karena pada ilmu bahasa jawaban benar bisa lebih dari 1 jawaban, maka bisa disediakan alternate sentence lebih dari satu.

Ketika sudah dikopikan maka akan tampak seperti ini.
33. Langkah berikutnya, pada bagian “main sentence”, pisahkan antara satu kata dengan yang lain dengan cara memindahkan ke baris dibawahnya, seperti contoh dibawah ini (kotak 1).

Pada option dibawahnya (kotak 2), jika kita checklist pada kalimat “Allow…” maka memungkinkan untuk tidak digunakannya seluruh kata di “main sentence”.

5

4. Berikutnya kita akan masuk pada pengaturan outputnya, klik pada Options >> Configure output
6

Pada bagian judul (Title/Instructions) lihat kotak 1 dibawah ini, kita bisa mengatur petunjuk instruksi.

Pada Exercise subtitle, merupakan perintah singkat untuk pengerjaan (kotak 2).

Sedangkan Instructions (kotak 3), perintah step-by-stepnya bisa disusun disana.
7

5. Settingan berikutnya, yakni pada Prompts/Feedback kita bisa mengatur umpan balik, jika jawaban benar/salah/score dsb seperti contoh dikotak 2 dibawah ini.
8

6. Kemudian, untuk perwajahan tombol diatur pada link Buttons, bisa disesuaikan agar lebih mudah digunakan menggunakan ejaan bahasa Indonesia seperti dibawah ini.
9

7. Untuk tampilan output yang lain, seperti font, ukuran dan warna bisa diatur pada Appearance.
10

8. Waktu pengerjaan juga bisa diset melalui Timer, jika ingin diaktifkan, maka checklist saja pada Set a time (kotak 2), dan peringatan jika waktu habis (kotak 3). Untuk mengakhiri semua settingan output ini, akhiri dengan klik OK.
11

9. Langkah terakhir adalah membuat outputnya dalam tampilan web, bisa diklik pada File >> Create Web Page >> Standard Format.
12

Lakukan penyimpanan.
13

10. Jika muncul peringatan dibawah ini, untuk menjelaskan kepada kita bahwa teks yang diawali hurup kapitaltidak selalu menjadi awal kalimat, klik Yes saja.
14

Untuk melihat hasil jadinya, klik pada View… dan akan terbuka pada browser favorit Anda.
15dan inilah hasi akhirnya, media ini bisa dibuka pada browser di PC Anda. Agar bisa dibuka pada browser di PC lain, nantikan tulisannya di serial berikutnya 🙂
16

Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.