DrupalUpgrade2

Cara Mudah Upgrade Versi Drupal

Salah satu alasan kenapa Drupal menjadi primadona CMS di dunia adalah cepatnya komunitas merespon apa yang menjadi kekurangan/kelemahan suatu versi sehingga menjadi lebih cepat ditambal atau diperbaiki jika ada temuan bugs disana.

Antar satu versi dengan versi yang lain biasanya ada saja fitur-fitur tambahan yang unik sehingga menarik minat para user atau developer untuk mengeksplorasi lebih jauh.

Sebagai contoh, bagi end user drupal 7  (dibandingkan drupal 6) punya keunggulan antara lain: penambahan halaman dashboard dan shortcut, administrasi konten dalam bentuk popup yang lebih mudah, support ke WYSIWYG yang lebih baik, RDF Support, kemudahan menambah field baru sebuah content, modules bisa di-update via web.

Sedangkan bagi pengembang : drupal 7 mendukung query builder INSERT, UPDATE, DELETE, MERGE, SELECT, mendukung master/slave replication, transaction, multi queries, delayed insert, dokumentasi Hook API langsung di dalam core drupal, support SQLite database, implementasi pengamanan situs tingkat lanjut, support cache ke beberapa metode penyimpanan, support jQuery 1.4.2 terbaru (sumber).

Tulisan ini sebenarnya adalah dokumentasi upgrade drupal 6 ke 7 atas request teman, sehingga harapannya bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Oh ya, untuk penyamaan persepsi, menurut drupal.org istilah update merujuk ke perubahan versi minor, misalnya dari 6.12 ke 6.30, sedangkan upgrade dimaksudkan untuk perubahan versi major misalnya dari 6.xx ke 7xx. Dan karakteristik drupal jika ingin mengupgrade versi major, maka diharuskan untuk mengupdate ke versi minor tertinggi, baru bisa dilompatkan ke versi major diatasnya. Sebagai contoh jika anda saat ini memliki drupal 6.17 dan ingin ke versi 7, maka dari 6.17 diupdate ke versi 6.38 terlebih dahulu (saat artikel ini ditulis, versi 6 tertinggi ada di 6.38), kemudian baru diupgrade ke major 7.

Oke. kira-kira begitu pengantar umumnya, kita mulai upgrade dari versi 6 ke 7. Langkah-langkahnya :

  1. Pastikan backup terlebih dahulu semua folder dan file drupal anda ditempat yang aman, karena segala resiko bisa saja terjadi ketika gagal melakukan upgrade nanti.
  2. Backup juga file database drupal anda, bisa melalui phpmyadmin atau tools yang lain, copy kan ke tempat yang aman.
  3. Semua modules selain kategori “core-optional dan core-required” silakan di nonaktifkan dengan cara un-checklist lewat Site building>>Modules, akhiri dengan SAVE.

1

4. Set situs anda dalam status maintenance lewat Site Configuration >> Site Maintenance, pastikan dalam posisi Off-line kemudian Save Configuration.

2

5. Pastikan versi minor anda sudah berada pada level paling baru, bisa lewat Administer >> Reports, kemudian cek di https://www.drupal.org/node/3060/release

3

6. Set theme ke bawaan drupal (Garland), lewat Site building >> Themes

5

7. Download versi major terbaru lewat drupal.org kemudian ekstrack terlebih dahulu, misalnya saat ini saya mau upgrade ke  7.39, jadi silakan download versi tersebut.

8. Pada folder-folder situs anda silakan delete semua folder dan file dan sisakan saja folder sites.

9. Sekarang saat nya mengcopy-kan versi terbaru, kecuali folder sites ke folder utama situs anda. Lihat gambar dibawah ini (*hanya contoh), ilustrasi sisi kiri adalah versi 7.39, sedangkan sisi kanan adalah path/folder  yang sebelumnya versi 6, hanya ada folder sites saja, karena yang lain sudah didelete.

drupal upgrade10.  Proses upload ke server folder-folder yang sudah disiapkan.

6

11. Jika proses pengcopy-an sudah selesai, maka silakan buka file update.php melalui alamat situs anda, sehingga menjadi begini : http://situsanda.com/update.php 

ikuti semua proses yang diinstrusikan disana, sekira ada 5 step sampai selesai.

4

7

Jika telah selesai 5 step nya akan muncul sedikit review hasil progressnya seperti dibawah ini.

8

12. Untuk memastikan proses upgradenya sesuai dengan harapan, maka cek lagi lewat Administer >> Reports 

9

Nah saat ini, versi drupal kita sudah menjadi lebih baru dari sebelumnya.

Karena sebelumnya situs kita set Off-line saat ini sudah bisa dirubah kembali menjadi Online lewat Site Configuration >> Site Maintenance

Oh ya, dalam versi drupal terbaru anda, kadang kita menemukan modules atau themes yang tidak tersedia versi terbarunya, sehingga siap-siaplah untuk move on ke modules/themes yang lain..he.he

Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.