IMG-20160227-WA0016

Perancangan dan Pembuatan Media Belajar Bahasa Indonesia di Al Izhar Jakarta

Alhamdulillah, setelah cukup lama tak jalan-jalan lagi di daerah Jakarta dan sekitarnya, siang itu (27/2/16) saya diundang untuk berbagi pengalaman tentang perancangan dan pembuatan media pembelajaran. Kali ini undangannya cukup menarik dan menantang, menarik karena ini salah satu topik yang jadi core keilmuan saya, menantang karena para peserta adalah para guru-guru hebat di Perguruan Al-Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Sekilas info, bahwa Al-Izhar ini adalah salah satu sekolah favorit dibilangan Jakarta Selatan dengan tata kelola lingkungan yang adem, hijau dan bersih. Bangunan-bangunannya pun tampak bercita rasa seni tinggi.

gedung al-izhar
Salah satu bangunan di Perguruan Al-Izhar
Gedung Serba Guna
Gedung Serba Guna
Nuansa sejuk disalah satu sudut
Nuansa sejuk disalah satu sudut

Para guru ini merupakan pengajar Bahasa Indonesia dari level SD, SMP dan SMA, sehingga jangan sampai saya salah ngomong gak pake ejaan EYD, pasti kena sumprit deh..he.he *lebay. Gak segitunya kali, teman2 guru ini asyik-asyik kok, walaupun sebagian sudah senior tapi tetap kreatif dan hangat.

Materi pertama yang saya bawakan adalah seputar urgensi media dan pemanfaatannya dalam menunjang pembelajaran. Setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan Garis Besar Isi Media (GBIM) dilanjutkan dengan pembuatan media bahasa menggunakan Hot Potatoes. Tadinya dalam skenario saya, ingin saya bawakan tentang pembuatan Story Board, karena kurang lengkap rasanya kalo sudah ada materi tentang GBIM tapi gak tuntas di storyboard, tapi apa daya ternyata waktu lebih cepat berlalu..he.he

Di materi workshop, kita tuntaskan pembuatan media evaluatif bahasa menggunakan Hot Potatoes.. eh saya sudah janji sama Bu Desy (pengajar di Al-Izhar yang menghubungi saya pertama kali) untuk buatkan tutorialnya disini.. *sabar ya bu πŸ™‚

Oh ya, apa saja yang sempat saya bahas pakai Hot Potatoes ?. Ada beberapa fitur di Hot Pot yang kita oprek sehingga bermanfaat untuk pengajaran bahasa indonesia.

  1. Contoh Kalimat, mengurutkan kosa kata (yang sesuai kaidah SPOK) – pake JMix
  2. Definisi : Glossary – pake Jcross (Kuis yang menggunakan KBBI)
  3. Penjodohan Istilah dengan gambar – pake JMatch
  4. Penggunaan Kata baku – pake Jcloze

Untuk teman-teman guru bahasa indonesia yang lain, mungkin bisa lebih kreatif lagi untuk oprek fitur-fitur ini sehingga lebih maksimal.

Bagi teman-teman yang berminat dengan materinya, silakan bisa akses di http://al-izhar.dedysetyo.net (link ini berbatas waktu lho ya, jadi bisa expired sewaktu-waktu πŸ™‚ )

Sebagian dokumentasi kegiatan ada dibawah ini

dedysetyo.net
Saat menyampaikan materi
dedysetyo.net
Penyerahan sertifikat pembicara oleh Bapak Sulaiman – Perwakilan dari pembina kegiatan guru
dedysetyo.net
Sesi foto bersama dengan teman-teman peserta *jaim di tengah ibu2 πŸ˜€

Semoga kegiatan ini berkesan dan bermanfaat, serta selalu terjalin silaturrahmi dimasa-masa yang akan datang.

*Saat ini saya sedang nyiapkan outline tentang hotpot ini, mudah-mudahan bisa dirilis tulisannya kedepan. stay tune ya πŸ™‚

Salam hangat,

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.