Gmail_logo

Setting SMTP Gmail Pada Moodle

Setelah pada tulisan sebelumnya membahas tentang konfigurasi form registrasi beserta custom nya, maka pada artikel ini akan dibahas kelanjutan setting e-mail setelah pendaftaran pada moodle.

Informasi sekilas, bahwa SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) sendiri merupakan protokol yang digunakan untuk mode pengiriman e-mail. Pada Moodle, e-mail ini salah satunya dipakai untuk notifikasi kepada user setelah dilakukan pendaftaran, selain itu, e-mail pada moodle banyak digunakan untuk informasi kepada user ketika sudah masuk pada course pembelajaran.

Namun pada realitanya, untuk pengaturan mail server pada masing-masing server memang tidak mudah. Paling tidak kita harus belajar tentang bagaimana proses email bisa dikirimkan dan diterima ke server lainnya. Tulisan ini untuk menyederhanakan, bahwa Google menyediakan port SMTP yang bisa digunakan oleh publik, sehingga anda bisa melakukan pengiriman e-mail pada moodle lewat perantara e-mail punya gmail, namun syaratnya Anda harus memiliki akun gmail. Mudah sekali bukan ?.

Walaupun diberikannya kemudahan oleh gmail tersebut, tidak bisa dipungkiri fasilitas dari gmail ini memang ada keterbatasan (seperti dikutip dari https://docs.moodle.org/25/en/Email_setup_gmail )

1. Tidak mensupport multi sender.

2. Limit pengiriman per harinya hanya 500 email untuk 500 alamat email yg unik.

Baik, sekarang kita akan ujicoba melakukan registrasi menggunakan form sebelumnya.

Seperti nampak pada form dibawah ini, kita akan isikan sesuai dengan permintaan. Akhiri dengan klik Create my new account

1

Setelah diisikan dengan lengkap, maka form registrasi ini harusnya akan mengirimkan notifikasi pendaftaram kepada peserta yang baru masuk. Namun setelah saya lakukan pengecekan pada email. Ternyata tidak didapati e-mail apa-apa dari moodle. Hal ini karena belum saya lakukan setting mail server pada hosting saya.

Nah sekarang, kita akan coba setting menggunakan SMTP gmail. Langkah-langkahnya demikian :

1. Login menggunakan akun admin.

2. Masuk pada Site administration >> Plugins >> Message outputs >> Email
2

3. Setelah masuk pada halaman baru, pada form isikan sebagai berikut :

SMTP hosts: smtp.gmail.com:465

SMTP security: SSL

SMTP username: Akun gmail anda, isikan lengkap dengan @gmail.com

SMTP password: Password akun gmail

Setelah diisi semua, akhiri dengan save.
3

4. Oke, setelah itu untuk mengujicoba, lakukan logout pada admin kemudian masuk pada form registrasi.

5

Setelah diisi semua seperti pada tampilan diatas, harusnya dalam beberapa saat anda akan menerima email seperti ini :

6

Mudah sekali bukan ?. Nampak pada pengirim (sender), akan muncul e-mail gmail anda yang tadi sudah dimasukkan seperti ini.
4

Samapi disini sebenarnya kita sudah selesai seting gmail pada moodle anda, namun beberapa admin moodle biasanya ingin melakukan custom terhadap redaksi e-mail yang dikirimkan seperti nampak diatas menggunakan bahasa sendiri. Bagaimana melakukannya ?

1. Masuk pada Site Administration >> Language >> Language customisation

8

2. Pada jendela baru klik pada English (en), ini karena seting bahasa masih default menggunakan bahasa Inggris, pada teulisan lain akan dibahas menggunakan pack bahasa Indonesia.
9

akan loading beberapa saat, kemudian muncul ke halaman baru  untuk melakukan Filter, karena banyak istilah pada moodle.

Show strings : pilih moodle.php

Only string contained : kita akan mengisikan isi email sebelumnya untuk melakukan filter, misalnya kita isikan “To confirm your new account, please go to this web address

Klik Show strings untuk memunculkan hasil filternya.

Berikutnya dihalaman yang sama, setelah muncul teks yang dimaksud, tuliskan teks sesuai dengan keinginan kita, misalkan “Konfirmasi email pendaftaran”.

Jangan lupa akhiri dengan Save changes to the language packs
10

3. Untuk melakukan ujicoba pendaftaran lagi menggunakan email yang sama, maka akun sebelumnya harus didelete, kecuali jika anda ingin mencoba pakai email yang lain. Untuk delete, klik pada Site Administration >> Users >> Accounts >> Browse list of users

14

Klik delete pada akun usernya.
11

4. Sekarang kita isikan lagi form isian pendaftarannya seperti ini. Akhiri dengan klik Create my new accounts

5

5. Maka email yang didapatkan saat ini sudah berubah redaksi tesknya.
12

Silakan melakukan ujicoba dengan redaksi teks lain agar lebih mudah dipahami oleh semua user baru anda. Selamat mencoba 🙂

Salam hangat,

 

Dedy Setyo.

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.