formICON

Manajemen Form Registrasi Pada Moodle

Pada bahasan kali ini, kita akan belajar memanajemen form registrasi user. Seperti kita ketahui, penggunaan Moodle dalam pembelajaran pastilah melibatkan banyak user/peserta. Karena penambahan user jika semuanya full dilakukan oleh Admin, tentu saja akan memakan banyak waktu dan energi yang tidak sedikit. Masih mungkin jika semua user yang akan masuk kedalam course kita, kita sudah punya list identitasnya, jika tidak tentu saja akan merepotkan Admin. Masalahnya ternyata secara default moodle belum mengaktifkan pendaftaran untuk user. Kita akan bahas agar ketemu solusinya.

Sehingga kita akan mengaktifkan form registrasi agar semua user umum bisa melakukan registrasi secara mandiri. Registrasi bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun oleh masing-masing user, dan Admin hanya tinggal melakukan perekapan saja siapa-siapa saja yang telah melakukan pendaftaran.

Nah selain mengaktifkan form registrasi, ada hal lain yang biasanya tidak jarang dikeluhkan oleh beberapa admin moodle, yakni dibutuhkannya form-form yang tidak tersedia secara default seperti form untuk identitas diri (Alamat, no HP, Jenis kelamin dll). Selain itu, nampaknya ada form registrasi dari default moodle yang keberadaannya sendiri jarang/tidak terpakai. Semisalnya form Negara/Country. Karena pembelajaran kita hanya untuk orang Indonesia saja atau lokal, maka form ini bisa dipastikan tidak berguna jika tetap muncul pada layar, maka kita akan menghilangkannya.

Secara singkat, berdasarkan sedikit prolog diatas kita akan membahas secara satu persatu materi-materi berikut ini :

a. Mengaktifkan form registrasi user

b. Menambahkan form sendiri yang dibutuhkan

c. Menghilangkan form negara asal/country

Maka dari itu, silakan simak bahasannya karena akan dikupas secara detail dan bertahap.

Kita mulai dari point pertama.

a. Mengaktifkan form registrasi user

1. Pastikan anda telah login sebagai admin dalam sistem moodle yang telah dibangun.

2. Masuk pada Site Administration >> Plugins >> Authentication >> Manage Authentication.

Ketika sudah muncul pada jendela, pada Self registration pilih Email-based-self-registration

1

Kalau sudah dirubah, akhiri dengan klik Save changes
2

Hanya begitu saja, sebenarnya. Untuk mengujinya, silakan log out dari akun admin.

Setelah log out dilakukan, pada sudut kanan atas klik Login
3

Pada halaman baru, sudah muncul link Create new account disana. Silakan klik.
4

Maka akan muncul form registrasi user seperti dibawah ini.
5

Oke, sekarang kita beranjak ke point kedua.

b. Menambahkan form sendiri yang dibutuhkan.

Seperti sudah diuraikan diatas, Bahwa latar belakang pembahasan poin kedua ini adalah untuk menambahkan komponen form yang tadinya secara default belum tersedia disana. Pada contoh kali ini, kita akan menambahkan form dengan kategori : Identitas Pribadi, dimana muatannya ada 3 isian form, yakni no hp, jenis kelamin dan alamat.

Perlu saya sampaikan diawal sebelum menambahkan 3 komponen form ini, masing-masing memiliki jenis isian yang berbeda. Langsung saja kita buat.

1. Masuk sebagai admin.

2. Klik pada link Site Administration >> Users >> Accounts >> User profile fields

6

3. Kita buat nama kategori profil terlebih dahulu, klik Create a new profile category
7

Berikan nama : Identitas Pribadi, lanjutkan dengan klik Save changes.
8

4. Setelah dibuat kategorinya, berikutnya adalah menambahkan form pada kategori tersebut. Klik Create a new profile field :

9

Karena kita akan menambahkan no hp, maka pilih Text input
10

5. Nah masuk pada setting nya, isikan beberapa komponen. Perlu diingat pada form dengan tanda asterix * maka wajib untuk diisikan.

Short name : nohp

Name : Nomor HP

Description : deskripsi untuk memudahkan user mengisikan.

Kemudian yang perlu diatur untuk diset Yes antara lain :

Is this field required ? : Maksudnya form ini ketika sudah muncul maka wajib untuk diisikan user.

Display on signup page ? : Muncul pada pendaftaran

Category : Kita daftarkan no hp pada kategori Identitas Pribadi.

Kemudian akhiri dengan klik Save changes.

Lengkapnya lihat seperti dibawah ini.
11

6. Setelah form no hp ditambahkan, berikutnya kita akan memberikan form baru jenis kelamin. Karena jenis kelamin ini sifatnya memilih, maka kita pilih Menu of Choices

12

Pada setting selanjutnya kita atur ketentuan seperti poin 5 diatas. Hanya ada perbedaan pada isian Menu options, isikan baris satu Laki-laki, pada baris dua Perempuan. Harap diingat, masing-masing opsi dipisahkan oleh baris. Akhiri dengan Save changes.
13

Untuk form terakhir, kita akan membuat form alamat, yang berbeda disini karena alamat biasanya dituliskan dalam jumlah teks yang panjang maka, kita pilih Text area

14

Pada setting, sama dengan poin 5. Akhiri dengan Save changes.

15

Sampai disini pembuatan form selesai. Untuk menguji nya silakan logout dari admin. Kemudian menuju pada form registrasi.

16

Sudah terlihat dengan jelas, bahwa Identitas Pribadi berhasil kita tambahkan dengan baik. Oh ya, sekedar informasi, urutan tiap komponen formnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan mana yang paling atas atau bawah.

17

Setelah 2 point diatas selesai, di poin ketiga ini berikutnya akan kita bahas.

c. Menghilangkan form negara asal/country

Kenapa poin ini saya munculkan, karena seringkali moodle kita hanya dipakai oleh orang Indonesia sehingga form Country tidak berguna ketika ada disana, maka sebaiknya kita delete saja. Begini tampilan awal sebelum didelete.

18

Kita perlu mengedit kode pada file /login/signup_form.php sehingga pastikan anda bisa masuk pada FTP ke hosting/servernya.

Silakan buka file tersebut, dan lihat pada baris 89 dan 90. Berikan “//” (tanpa petik) agar dua baris itu tidak berfungsi (menjadi komen). Hasil akhirnya begini :

// $mform->addElement(‘select’, ‘country’, get_string(‘country’), $country);
// $mform->addRule(‘country’, get_string(‘missingcountry’), ‘required’, null, ‘server’);

 

19

Jika sudah, maka akhiri dengan save. Sekilas info, pada moodle 2.5 ini terletak pada baris 89 dan 90, untuk versi yang lain bisa jadi sama atau berbeda.

Untuk mencobanya, silakan kembali ke halaman registrasi atau refresh saja browsernya.

20

Terlihat sudah hilang form country nya. Gampang sekali bukan ?. Kali ini form kita yang tersedia hanya form yang berguna saja. Selamat mencoba.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

2 thoughts on “Manajemen Form Registrasi Pada Moodle”

  1. Terima kasih pak, ulasannya sangat-sangat membantu saya yang sedang kebingungan dengan registrasi secara mandiri ini..
    oh ya pak, kalau bisa tolong dibahas juga registrasi e-mail secara mandiri di Zimbra..hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.