chatroom

Memonitor Aktivitas User Pada Kelas e-learning Secara Otomatis

Pada kelas e-learning yang sering terjadi biasanya kegelisahan guru pembimbing/tentor dalam memonitor peseta didik terhadap keaktifan menerima bahan/media ajar. Seberapa besar atensi yang dilakukan oleh peserta didik, kesulitan untuk dimonitor secara intensif. Apalagi jika peserta sudah sedemikian banyak dan waktu pembelajaran dilakukan secara Asynchronous (tidak real time/bersamaan).

Untungnya hal ini bukan menjadi masalah jika kita mengelola kelas e-learning kita menggunakan pernagkat Moodle. Sebagai salah satu Learning Management System (LMS) yang cukup populer didunia, fitur-fitur moodle secara berkala terupdate dengan lengkap, serta menjawab masalah-masalah yang terjadi dan sering ditemui dalam pembelajaran e-learning.

Menggunakan Progress Bar, peserta didik akan tahu sejauh mana akses materi yang dia lakukan serta berapa persen aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Untuk pengajar/tentor, secara komunal akan diberikan laporan, berapa banyak peserta didiknya yang telah melakukan capaian-capaian. Progress Bar ini sendiri merupakan block yang kita tempatan pada salah satu sisi kelas virtual kita, yang akan memonitor dengan lengkap apa-apa yang telah dilakukan peserta. Sepengetahuan saya, ada beberapa plugin sejenis yang bisa kita manfaatkan untuk hal ini. Tulisan ini akan membahas Progress Bar terlebih dahulu.

Oh ya, sebagai informasi, kali ini saya menggunakan moodle 2.5. Selain itu, pastikan anda telah memberikan pointer tugas-tugas, bahan ajar atau quiz agar bisa dijadikan patokan prosentase aktivitas user/peserta.

Bagaimana caranya ?, pertama pastikan untuk mengujicobanya anda memiliki satu akun admin dan satu akun user untuk uji coba.

berikut langkah-langkahnya :

1. Login sebagai admin dalam sistem e-learning anda.

2. Buka link pluginnya disini, untuk melakukan download. Nanti akan muncul halaman seperti dibawah ini, kemudian klik Download.

1

3. Setelah terdownload, kemudian masuk pada halaman Site Administration >> Plugins >> Install add-ons

Perhatikan, pada pengalaman saya, untuk melakukan instalasi plugin baru melalui sistem nya langsung (tanpa bantuan FTP), kita harus meberikan akses permission 775 ke dalam folder block

4. Pilih Plugin type : Block

ZIP Package : pilih file yang telah terdownload tadi, klik Choose a file.

2

Masuk pada halaman berikutnya, klik Upload a file, pilih file  klik Choose File arahkan pada file yang dimaksud, akhiri dengan klik Upload this file.

3

Kembali pada halaman sebelumnya, maka sudah terlihat file yang telah dipilih. Lanjutkan dengan klik Install add-on from the ZIP file.
4

5. Akan muncul halaman berikutnya, yang akan melakukan validasi file yang telah kita upload secara otomatis. Muncul teks Validation passed! maka lanjutkan dengan klik Install add-on!
56. Finalisasi instal plugin akan selesai, setelah dilakukan Upgrade database moodle. Klik Upgrade Moodle database now
6

7. Terlihat notifikasi Sukses disana.
7

8. Masuk pada kelas virtual yang telah kita buat, hidupkan mode ubah (Turn Editing On). pilih salah satu block misalnya disisi kiri, kemudian tambahkan blok baru Progress Bar

8

9. Sudah terlihat disana, blok progress bar telah muncul. Didalam kelas saya, sudah tersedia dua bahan ajar, sehingga masing-masing bernilai 50%. Untuk mencobanya silahkan login menggunakan akun user. Semuanya berwarna merah, artinya belum ada yang dibaca/lihat.

9

10. Nah, ketika saya sudah coba membaca salah satu bahan, maka otomatis berubah menjadi hijau 50%. Artinya sistem sudah mendeteksi aktivitas user.

10

Pada tampilan admin, proses perekapan juga bisa dengan mudah dilakukan. Sampai disini saat ini, sekarang kita sudah bisa melakukan monitoring terhadap semua peserta. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.