plex andro2

Seri Media Center 4. Konfigurasi Android untuk Mengakses Plex Media Server

Salah satu kegiatan favorit kami tiap akhir pekan, biasanya ketika tidak ada agenda keluar, kami manfaatkan untuk nonton bareng dirumah. Selain tentu saja sedikit membuat refresh, hal ini juga bisa menjadi media kebersamaan dalam keluarga. Bagi anda yang hobi nonton film, juga, sudah kah melakukan instalasi Plex ini ?. Jika belum silakan ikuti serial tulisan Plex agar nyambung dengan tulisan yang saya sajikan disini.

Sebagai sebuah media server streamer, Plex ini sudah terkenal handal menyajikan berbagai macam format video, musik dan foto. Selain itu, fleksibilitas plex ini men-support berbagai macam device untuk bisa terhubung ke dalam jaringan plex. Mulai dari PC, TV, sampai dengan perangkat android. Tulisan ini saya buat untuk menjadi panduan anda dalam melakukan instalasi dan konfigurasi plex didalam device android, bisa untuk gadget, tablet, android tv box, sampai dengan PC AIO Android yang sedang booming akhir-akhir ini. Apapun perangkatnya, asalkan masih android, panduan ini masih bisa terpakai.

Oke langsung saja kita mulai bagaimana tahapannya.

1. Pastikan anda sudah melakukan instalasi program plex for android nya, saat artikel ini dituliskan ternyata sudah FREE lho, padahal dulu harganya sekitar Rp.80 ribuan,-. Jika belum silakan akses disini.

plex andro

Ketika telah muncul link seperti diatas, langsung saja lakukan install.

2.  Shortcut plex for android yang sudah terinstall akan muncul seperti dibawah ini. lakukan tap untuk membukanya.

2

3. Pada halaman programnya, pilih menu option untuk menuju link Settings. Oh ya, langkah pertama ini kita lakukan konfigurasi IP plex android anda untuk pointing dengan server plex nya. Asumsinya android anda dengan server plex nya berada dalam satu jaringan lokal. Untuk settingan berbeda subnet jaringan (atau via jaringan internet) mudah-mudahan suatu saat ini kita bisa membahasnya.

3

4. Pilih menu pada Manual connections

4

5. Checklist pada enable manual connections, kemudian isikan IP server plex pada connection 1, port 32400. Pada connection 2 opsional saja apakah mau diisikan atau biarkan default.

5

6. Pada Application Layout pilih yang mode TV saja. Sebenarnya ini hanya masalah selera saja, karena menurut saya tampilan ini yang paling cocok dengan tampilan device android yang memiliki lebar sekira 4 – 5 inch.

6
7

7. Kemudian, untuk sinkronisasi pilih yang otomatis. Klik Sync Automatically.

8

8. Kemudian, sesaat lagi akan muncul koneksi dan proses load semua koleksi video anda.

9

Nampak sudah terdeteksi server yang kita punya. Seperti tampilan dibawah ini.

10

9. Satu persatu akan muncul display wallpaper video yang kita punya, kecepatan loading ini sebenarnya tergantung dari performa server, jaringan dan banyak nya koleksi yang anda punya.

11

10. Ketika sudah selesai proses loading, maka akan muncul pada My Library seperti ini. Sudah terklasifikasi pada folder Movies, Music dan photos.

12

Saat ini, anda sudah bisa mengakses server anda dan semua koleksinya menggunakan perangkat android anda.

Selamat mencoba.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

4 thoughts on “Seri Media Center 4. Konfigurasi Android untuk Mengakses Plex Media Server”

    1. Iya, dijaringan yang sama. Kalo berbeda, nanti plus konfigurasi routernya. Ditulisan sebelumnya sudah pernah saya tuliskan mas, Silakan bisa dicek. Terima kasih telah berkunjung.

  1. untuk setingan ke smart tv blm dijelaskan pa? emang si berbeda2 tiap merk tv. tapi bisa dicontohkan konfig ke smart tv agar terhubung dengan plex di server? terimakasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.