course

Membuat Kursus dan Kategori Kelas Pembelajaran e-learning

Tutorial ini merupakan lanjutan materi perngorganisasian dan manajemen e-learning seri sebelumnya. Jika anda telah berhasil membuat server e-learning sendiri dan mempublikasikannya, penting kiranya melakukan desain kursus (course) pembelajarannya. Karena inti penyampaian materi kita ada pada kelas-kelas pembelajaran jarak jauh ini, perhatian penting kita hendaknya pertama pada hirarki kelas pembelajaran.

Pada Learning Management System (LMS) Moodle ini, mendukung pembuatan kategori sebelum membuat kelas yang sebenarnya. Kategori ini bertujuan memudahkan pembelajar, agar mengetahui rumpun atau kelompok materi apa saja yang tersedia disana sehingga pembelajaran bisa lebih sistematis, mengetahui mana-mana saja yang menjadi prasyarat, mana-mana yang menjadi pokok kelas nya.

Ilustrasi kategori (categories) dan kursus (course) contohnya begini :

Olahraga.

1. Atletik

a. Lari

2. Permainan (categories)

a. Sepakbola (course)

b. Basket  (course)

Dari contoh diatas terlihat bahwa “permainan” merupakan contoh dari categories (kategori). Sedangkan contoh kursus (course) nya merupakan Sepakbola dan basket.

Baik, untuk contoh tadi rasanya sudah cukup. Kemudian, bagaimana pembuatan kategori dan kursus ini didalam sistem e-learning kita ?. Simak langkah-langkahnya berikut.

1. Pastikan anda telah login sebagai admin pada sistem e-learning yang telah disiapkan.

2. Hidupkan tombol “perubahan”, kalau dalam sistem saya dalam bahasa inggris berbunyi “Turn Editing On” klik pada tombol tersebut, hingga berubah menjadi seperti dibawah ini.

 

1

3. Kemudian masuk kepada setting kategori, agar mudahnya memang kita setting sebagai block sehingga bisa diakses dengan mudah.

2

Klik pada “All Course”

4. Ketika sudah muncul halaman baru, sebenarnya itu merupakan kumpulan kategori yang pernah dibuat sebelumnya. Pada contoh kali ini, kita akan membuat course didalam kategori “Miscellaneous”. Klik pada link tersebut.
3

5. Ketika sudah masuk pada halaman categories “Miscellaneous”, maka akan muncul semua kursus disana. kemudian klik pada “Add a new course”

4

6. Muncul halaman pembuatan course baru, beberapa form yang harus diisikan diantaranya.

Course full name : Nama lengkap kursus

Course short name : Nama singkat/kependekan kursus

Course categories : Kategori kursus

Visible : Dimunculkan

Course start date : Tanggal mulai kursus

Course ID number : Nomor ID kursus, opsional untuk ditambahkan atau tidak

Course Summary : Simpulan/uraian umum tentang kursus

Course format : Format kursus, kali ini kita akan memilih format weekly atau mingguan.

Opsi atau form dibawah nya biarkan pada isian default saja.
5
6
7

Jika sudah, maka akhiri dengan klik “Save Changes”. Maka pada halaman berikutnya (Enrolled users), jika anda telah memiliki user yang hendak ingin dimasukkan pada kursus ini, tambahkan user dengan cara klik “Enrol users”, namun jika tidak memiliki user-usernya, kita bisa skip dan masuk kedalam course nya.

8

7. Untuk masuk pada course nya klik nama pendek dari course yang tadi telah dibuat pada link diatas “How”

9

8. Maka, anda akan masuk pada course baru Anda. seperti dibawah ini.
10

Mudah sekali bukan membuat course baru ini. Setelah ini, kita akan memberikan modifikasi pada course baru kita agar lebih “hidup”.

Selamat mencoba.

Salam hangat,

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.