Channel Directory

Seri Media Center 3. Konfigurasi Channels untuk Menambahkan Sumber Media

Setelah pada tulisan sebelumnya kita membahas tentang bagaimana melakukan instalasi Plex Media Server dan menambahkan koleksi-koleksi medianya, pada tulisan ini akan dibahas tentang pemanfaatan Channels sebagai fitur pokok pada Plex agar Media Center kita lebih powerfull dan bisa menyuplai kebutuhan media dari berbagai sumber.

Sekilas tentang channel ini sendiri, merupakan fasilitas yang telah ada sejak kita melakukan instalasi Plex Media Server nya. Channels ini akan menghubungkan kita dengan berbagai layanan media di dunia maya seperti video on demand contohnya  Youtube, Apple Movie Trailers, Anime Vice, dll. Atau juga layanan music streamer seperti Sound Cloud, dkk. Karena berbagai layanan ini ada di dunia maya, sehingga untuk bisa memanfaatkannya diharuskan server kita bisa terhubung dengan Internet.

1. Baik, untuk memulai memanfaatkan channel yang tersedia, langsung saja kita menuju home, kemudian klik Channels seperti nampak pada dibawah ini

00

2. Masuk pada jendela Channels baru, anda akan menemui halaman dibawah, kemudian klik pada INSTALL CHANNELS

1

3. Tunggu sejenak, maka akan muncul kumpulanyang tersedia, pada bagian ini kumpulan channels akan terbagi pada kanal-kanal sebagai berikut : Featured, What’s New, Most Popular, Recently Updated, Categories, Media Types dan More.. Anda bisa memilih di kanal mana saja untuk melakukan pemilihan channels yang akan diinstall. Sebagai contoh, saya akan coba melakukan instalasi channel Sound Cloud. SoundCloud ini sendiri merupakan portal untuk distribusi musik online, baik bagi anda yang sudah pro ataupun amatir bisa coba untuk upload karya2 anda agar bisa dinikmati oleh orang banyak. Lanjutkan dengan klik pada bagian ikon SoundCloud.

2

4. Akan muncul preview sejenak tentang Channel nya, untuk melanjutkan klik pada ikon INSTALL

3

5. Dalam waktu tak beberapa lama (tergantung kecepatan koneksi Anda), setelah terinstall akan muncul link tambahan yakni Browse, Update dan Uninstall.

4

6. Setelah terinstall dengan baik, maka bisa dilihat kumpulan sound yang siap untukdiputar. Makin mantap lagi, tiap album akan berisi poster ilustrasi tentang penyanyi atau clip nya.

5

Untuk kebutuhan display yang lain, sembari anda memutar lagu favorit bisa juga sambil browsing dan melihat list pencarian anda.

channel soundcloud
7. Pada halaman kumpulan Channels nya, anda akan menemukan kumpulan channels yang telah terinstall. Sebagai contoh saya baru saja melakukan instalasi channels youtube, dan ikonnya juga telah kelihatan.

6

Kelebihan channel ini adalah adanya preview pada video-video yang akan kita putar, sehingga memberikan informasi yang menarik dan mempercantik koleksi display kita. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini.

7

Kelebihan lainnya pada instalasi channel ini adalah kemampuannya melakukan pencarian seperti layaknya kita sedang membuka portal video mereka, sehingga cukup praktis dan kita tak perlu membuka banyak halaman browser untuk hanya melihat koleksi video youtube. Sebagau contoh, saya sedang melakukan pencarian dengan keyword “Iwan Fals”, maka muncul sekira 51 video yang sesuai dengan keyword yang saya masukkan.

8

Untuk memutar video yang telah dicari, bisa saja kita langsung klik ke salah satu hasil pencarian, kemudian tak seberapa lama akan diputar video yang tersedia. Seperti nampak pada dibawah ini.
channel
Nah, sampai dengan disini, anda akan dimanjakan betapa smua portal penyedia layanan video/audio telah tersentralisasi pada media center anda. Menarik sekali bukan ?. Selamat mencoba.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.