streaming

Menggunakan Youtube Live Events sebagai Broadcaster Siaran Langsung

Mengabadikan sebuah momen, sekaligus sebagai media dokumentasi dan penyebaran informasi ke publik memang memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah sebagai branding atau promosi jika kita memiliki kegiatan yang memiliki value, sedangkan manfaat lain jika suatu saat kita membutuhkan momen tersebut tinggal dibuka saja yang dibutuhkan. Penggunaan internet sebagai salah satu lini publikasi, tentu saja memiliki bargaining besar karena bisa diakses 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Hal inilah yang menyebabkan internet dari hari ke hari makin banyak pengunjungnya.

Namun menyiapkan sistem penyiaran yang handal sekaligus mumpuni yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan ini tentu saja butuh biaya tak sedikit, diantaranya kita perlukan software broadcasternya (penyebar), hardware penyiapan studio, dan insentive SDM yang bisa mengelola dengan mahir hal-hal ini. Tapi jangan khawatir, saat ini beragam pilihan untuk melalukan broadcast sendiri nampaknya sudah banyak hadir dihadapan kita. Ada yang free, banyak juga yang berbayar. Tulisan ini membahas salah satu yang gratis diantaranya. Dengan backingan dari Google yang sudah tidak diragukan lagi kiprahnya di dunia maya, kalau sebelumnya Youtube yang sudah lama kita ketahui lebih banyak di wilayah layanan Video on Demand (VoD), saat ini youtube telah meluncurkan layanannya dalam bidang publikasi video streaming dengan nama youtube Live Events.

So, bagaimana cara memanfaatkan youtube Live Events ini sebagai broadcaster siaran langsung kita ?. Simak langkah-langkahnya dibawah ini. Oh ya, sebelum anda memulai langkah-langkah dibawah ini, diharapkan sudah tersedia webcam dan telah teruji dengan baik beserta koneksi internet yang memadai.

1. Pastikan anda telah memiliki akun gmail, dan sudah loginpada halaman youtube.com

2. Setelah login, nanti akan muncul pada halaman seperti dibawah ini, pada sisi pojok kanan atas ada gambar profile picture kita silakan klik, kemudian klik pada lagi pada opsi Video Manager

1

3. Kemudian akan muncul jendela Video Manager dibawah ini, silakan klik pada opsi Live Events
2

4. Akan muncul jendela selanjutnya, pada Basic Info sialakn diisi dengan nama channel, waktu publish dan keterangan singkat tentang materi. Akhiri dengan klik “Go Live Now”

3

5. Pada display “Ready to go!” siap untuk dilaunching dengan cara klik OK.
4

6. Akan muncul preview sekilas dari web cam anda, dari sini secara live sudah muncul seperti apa nanti tayangannya. Jika telah siap, sialkan klik Start Broadcast

5

7. Lanjutkan dengan klik OK

6

8. Ketika sudah live, maka sebagai salah satu opsi untuk menyebarkan (sharing) kita bisa memilih Links di Video Embed, silakan di copy saja pada blog atau web anda. Karena saya memiliki blog sendiri, maka saya masukkan ke dalam sisi blog saya sebelah kanan.

7

9. Dan beginilah hasilnya, ta da.. ini hasil streaming saya menggunakan web cam PC di rumah, dari percobaan sederhana ini, terjadi delay sekitar 10 detik dari kondisi real dengan yang nampak pada blog saya. Saya sempat mencoba dalam durasi 4 menit kurang, hasilnya lumayan memuaskan.

8

Nah, jika telah live, maka hasil file nya akan otomatis tersimpan pada arsip video manager kita. Kita bisa melakukan publish atau unpublish sesuai kebutuhan kita.

9

Semoga tulisan ini bisa memberikan panduan bagi teman2 yang ingin mencoba melakukan publikasi live streaming sekaligus menampilkannya pada web/blog anda. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

One thought on “Menggunakan Youtube Live Events sebagai Broadcaster Siaran Langsung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.