Seri Cloud 17. Integrasi ownCloud sebagai External Storage di LMS Moodle

Seri Cloud 17. Integrasi ownCloud sebagai External Storage di LMS Moodle

Sebagai pengguna LMS Moodle yang setiap saat perlu melakukan penyimpanan dan update file, tentu saja diperlukan kapasitas tempat yang sesuai agar setiap saat kita membutuhkan file-file penting, atau sebaliknya menampilkan dari storage tersebut dengan mudah dan ringkas dilakukan. Namun jika kita menggunakan opsi pada server Moodle nya tentu saja akan menghabisi sisa free space nya, dan lambat laun akan membuat server kita menjadi berat diakses.

Daripada bingung, bagi teman-teman yang telah dengan sukses membangun server ownCloud nya, sebagai salah satu cloud storage yang dapat diandalkan (bagi yang belum mengenal ownCloud, bisa mengikuti seri tulisan ownCloud saya disini). Kali ini tulisan Saya akan membahas tentang penggunaan ownCloud sebagai external storage di Moodle menggunakan perantara webdav. Webdav sendiri merupakan ekstensi dari http untuk memudahkan kolaborasi dan manajemen antar file agar dapat dikelola dan difungsikan sesuai kegunaannya. Agar harapannya kita bisa menghemat kapasitas HDD di server moodle kita, selain itu juga sentra penyimpanan kita tidak terpisah dibanyak server sehingga dikemudian hari kita butuh file tertentu akan mudah mencarinya.

Oke langsung saja, kita mulai langkah2 nya :

1. Login sebagai Admin User di Moodle anda, dan aktifkan panel Editing dengan cara klik “Turn Editing On”

2. Kemudian pada “Site Administration” klik pada link Plugins>>Repositories>>Manages Repositories

1

3. Berikutnya akan muncul jendela bau, pada WebDAV repository pilih Enabled and Visible

2

4. Begitu opsi diatas diklik, maka akan jumping ke halaman baru WebDAV configuration. Pada halaman ini anda tinggal checklist saja pada semua opsi yang muncul, akhiri dengan Save.

3

5. Jika sudah  disave, akan muncul link Settings seperti dibawah ini, silakan klik saja.

4

6. Kemudian  buat alamat repositori baru, dengan cara klik “Create a repository instance”

5

7. Dilanjutkan dengan konfigurasi webdav, yakni mengisikan alamat server owncloudnya. Seperti contoh dibawah ni adalah alamat OC saya, untuk anda silakan sesuaikan sendiri. Lengkapi juga dengan user beserta passwordnya. Oh ya, pada OC dengan HTTP alamat port diisi 80, sedangkan HTTPS diisikan 443. Akhiri dengan klik save.

6

8. Kalau benar, maka akan muncul setingan barusan disini.

7

9. Sekarang saatnya kita ujicoba penambahan server barusan, silakan saja dicoba pada course manapun, kemudian seolah-olah kita akan menambahkan file baru. Jika berhasil, maka penampakannya seperti dibawah ini.

8

 

Alhamdulillah.. bisa juga kan akhirnya ?. Setelah ini harapannya ownCloud anda akan lebih powerfull menopang kebutuhan file-file anda pada tiap pembelajaran di Moodle.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

2 thoughts on “Seri Cloud 17. Integrasi ownCloud sebagai External Storage di LMS Moodle

  1. Mas klo saya kan owncloudnya download langsung dari reponya.. nah kq pas di share file nya not found ya.. knp kah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: