recaptcha

Menambahkan Penangkal Spam reCaptcha pada LMS Moodle

Siapa yang tidak kesal jika sistem web pembelajaran yang sudah dibangun lama dan susah payah, akhirnya lama-lama menjadi berat untuk diakses dan tumbang karena servernya down. Ya, tentu saja kita tidak ingin bukan, itulah salah satu musuh pengembang sistem berbasis web yang dinamakan spam. Spam sendiri merupakan pesan elektronik yang berbentuk robot, biasanya berisi iklan (menyesatkan), iming -iming yang menjanjikan keuntungan finansial, dan menyebar ke segala arah. Modus kerjanya biasanya berjalan pada form pendaftaran user, forum-forum, ataupun e-mail. Secara umum spam ini sangat meresahkan karena jika dibiarkan terus menerus, akan mengakibatkan masalah serius pada sistem kita. Dalam hal ini pada sistem pembelajaran LMS berbasis Moodle kita. Hal inilah juga yang menjadi keluhan beberapa client konsultasi saya, mengeluhkan banyaknya spam yang menggangu kerja servernya.

Lalu kemudian bagaimana mengatasi hal ini ?. Untungnya google melalui tautan ini menyediakan solusi yang mudah sekaligus free untuk kita. Kita akan menggunakan program yang bernama Google RECAPTCHA.

Menurut google, recaptcha ini sendiri adalah :

reCAPTCHA is a free service to protect your website from spam and abuse. reCAPTCHA uses an advanced risk analysis engine and adaptive CAPTCHAs to keep automated software from engaging in abusive activities on your site. It does this while letting your valid users pass through with ease.

reCAPTCHA offers more than just spam protection. Every time our CAPTCHAs are solved, that human effort helps digitize text, annotate images, and build machine learning datasets. This in turn helps preserve books, improve maps, and solve hard AI problems.

Apa saja keuntungan menggunakan program ini ?

Menurut Google sendiri, setidaknya ada 3 hal, yakni : Advanced Security (Keamanan tingkat lanjut), Easy to use (Mudah digunakan), Creation of Value (Pembuatan/kebermanfaatan nilai).

captcha

Pada tulisan ini kita akan menempatkan recaptcha pada form registrasi usernya. Jika belum teraplikasikan maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. (Defaultnya biasanya bertempat pada url /login/signup.php)

08

Oke langsung saja kita mulai, bagaimana menerapkan recaptcha ini kepada Moodle kita ?

1. Login sebagai admin user

2. Klik pada link Site administration >> Plugins >> Authentication >> Email based self registration

seperti nampak pada tampilan dibawah ini

01

3. Setelah muncul jendela baru, yang berjudul “Email-based self-registration”, pada Settings Enable recaptcha element pilih Yes. Kemudian akhiri dengan klik Save.

02

4. Kemudian buka tab baru pada browser anda, pastikan telah login pada google akun anda. Buka pada halaman ini https://www.google.com/recaptcha/admin klik Sign up Now!

03

5. Akan muncul halaman baru, isikan nama domain tempat dimana LMS Moodle anda bertempat, misalkan example.com dll. Kemudian klik tombol CREATE. Perhatikan, bahwa satu domain maka hanya akan diberikan code captcha satu saja, jika anda menginginkan lebih dari satu domain, maka tinggal mengulangi langkah ini dari awal.

04

6. Pada jendela baru, anda akan muncul Public Key dan Private Key secara otomatis. Anda boleh mencatat/mengkopinya pada halaman lain, karena suatu saat akan dibutuhkan.

05

7. Oke kita kembali pada Moodle kita.  Selanjutkan kita akan memasukkan Public Key dan Private Key yang barusan kita dapatkan pada halaman ini. Site Administration >> Plugins >> Authentication >> Manage Authentication

09

 

8. Selang tak berapa lama, akan muncul halaman dibawah ini, silakan masukkan public key dan private key yang telah disediakan, akhiri dengan klik Save Change

06

9. Nah sekarang, kita lihat perubahannya. Silakan anda logout dari Admin User tadi, kemudian klik link untuk pendaftaran user. Hasilnya akan nampak seperti dibawah ini ;

 

07

 

Terlihat jelaskan bedanya ?. Setelah dipakai recaptchanya, maka pada pendaftaran user akan muncul challenge dan form untuk diisikan huruf/angka acaknya.

Dengan ini semoga spam tidak lagi menghantui server anda dan katakan Good Bye untuk para spam 😀 .

Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo.

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.