conversation-speech-bubbles

Merancang Forum Eksklusif di Drupal

Melanjutkan posting sebelumnya tentang pembuatan forum, Saya sendiri sempat berandai-andai jika saja forum yang kita buat memiliki manajemen user yang baik, tentu saja kita dapat mem-filter user-user mana saja yang diperkenankan untuk membaca bahkan posting pada tiap forumnya. Sehingga harapannya, tidak semua informasi yang terposting dapat diakses oleh semua user, ya kalo hanya informasi yang tidak penting, tentunya gak masalah, namun kalo informasi yang sifatnya secret akan menjadi bencana.

Setelah utak atik sana sini, akhirnya saya nemu formulanya, memang hebat drupal ini, kebutuhan custom yang saya inginkan selalu saja ada jalan keluarnya. Sebelum kita mulai, pastikan anda telah membuat forum terlebih dahulu. Skenarionya tulisan ini adalah kita buat forum yang hanya bisa diakses oleh user yang telah terregistrasi (authenticated user), sementara user anonymous tidak bisa melihat apapun. Moderator akan kita pilih berdasarkan user tertentu, sehingga memiliki keistimewaan akses.

Oke kita mulai saja.

1. Pada tampilan dibawah ini, adalah forum awal (sebelumnya) dimana tanpa melakukan login pun semua user dapat mengakses forumnya.

2. Untuk melakukan sesuai skenario kita butuhkan 4 modules (acl, advanced_forum, author_pane, forum_access).

3. Agar lebih mudah melakukan instalasi, saya siapkan keempat-empatnya disini (atau bagi user dengan akses lokal, bisa akses disini).  Silakan download, kemudian ekstrak dan taruh pada folder /sites/all/modules jika folder “modules” belum ada, maka silakan buat folder baru saja dan beri nama “modules”. Seperti pada tampilan dibawah ini.

4. Kemudian tinggal kita aktifkan, melalui Administer >> Site Building >> Modules. Cheklist pada nama-nama modules nya, 2 module ada di wilayah Access Control, 2 lagi ada di bagian others. Kemudian lakukan SAVE untuk mengakhiri.


Setelah di SAVE maka jika anda masuk pada forum yang telah dibuat sebelumnya, maka tampilan akan sedikit menjadi berbeda seperti dibawah ini.

5. Langkah yang penting berikutnya adalah, kita set pada jenis forum yang kita maksud, silakan masuk pada Administer >> Content Management >> Forums kemudian klik pada “edit forum” di sebelah kanan judul forum.

Setelah masuk pada jendela baru, pada bagian “Template” (tampak dibawah) anda dapat set agar user yang telah terregistrasi saja (authenticated user) yang dapat melihat (view) dan posting tulisan dengan cara cheklist Authenticated dan unchecklist Anonymous. Moderator dengan kewenangan khusus juga bisa ditentukan dengan cara mengetik nama usernya, secara otomatis akan muncul nama2 yang sesuai. Jangan lupa akhiri dengan SAVE.

6. Untuk mengetes setingan barusan, kita lakukan logout terlebih dahulu, kemudian akses ke forum melalui primary link. Maka judul forum akan tersembunyi seperti ini.

Jika pada judul forum saja yang telah tersembunyi tadi dirasa masih belum cukup, kita bisa saja menyembunyikan smua forum melalui container (kumpulan forum) yang tersedia, cara2nya hampir sama.

1. Login kembali sebagai admin, kemudian klik pada Administer >> Content Management >> Forums kemudian klik pada judul Edit Container.

2. Pastikan juga yang ter checklist adalah Authenticated User, untuk memastikan bahwa hanya user yang telah ter registrasi saja yang dapat mengakses semua forum anda. Kemudian akhiri dengan SAVE.

3. Setelah disimpan, maka akan nampak bahwa primary link yang menuju ke forum pun, sudah ter hidden (sembunyi) juga. Seperti pada dibawah ini.

Mudah sekali kan ?. Dengan modules ini anda pun bisa mengutak atik siapa-siapa saja yang boleh menjadi moderatornya, dan user-user mana saja yang noleh mengakses. Selamat ber eksplorasi. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

 

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.