Seri Cloud 16. Cara Gampang Mounting ownCloud pada Folder Ubuntu

Seri Cloud 16. Cara Gampang Mounting ownCloud pada Folder Ubuntu

Bekerja dengan Cloud Storage ownCloud tentu saja akan sangat fleksibel, anda bisa mengakses semua file anda pada device apapun yang anda suka selama masih terhubung dengan jaringan. Tidak cukup sampai disini, kemudian saya berpikir bagaimana kalo dibuat saja folder yang nantinya akan bisa otomatis mounting (menyambung) ke dalam server ownCloud saya. Jadi ketika saya klik folder ini otomatis akan mengakses server saya secara langsung, begitu juga ketika saya mau melakukan penyimpanan file/folder, saya tinggal paste saja ke foler ini, dan secara otomatis pula akan masuk ke server cloud saya..

Hmm akhirnya saya terpikir untuk menggunakan webdav, sekilas info bahwa webdav ini pada dasarnya merupakan ekstension dari HTTP yang memfasilitasi kolaborasi antar user untuk me-manajemen sekaligus melakukan editing file-file yang terletak di web server (baca : sumber). Kabar baiknya, nautilus (file explorer) di ubuntu (OS favorit saya) bisa memfasilitasi kebutuhan ini dengan baik.

Oh ya, sekedar catatan, tutorial ini saya praktekan di Ubuntu 14.04, menggunakan versi OS lain, hasil/langkah2nya bisa jadi berbeda. Tapi untuk ubuntu versi dibawah nya (Ubuntu 12.04), akan coba saya sampaikan juga caranya karena asumsinya penggunanya masih cukup banyak.

Oke langsung saja, bagaimana melakukannya ?.

1. (Ubuntu 12.04) Buka nautilus anda, klik File >> Connect to Server seperti nampak pada gambar dibawah

(Ubuntu 14.04) Klik pada Network >> Connect to Server

2. Pada jendela berikutnya, masukkan konfigurasi servernya, pada penulisan alamat servernya, akhirkan dengan /remote.php/webdav, semisal server anda ber alamat pada http://localhost/owncloud maka penulisannya http://localhost/owncloud/remote.php/webdav

(Ubuntu 12.04)

Pada type dan folder silakan sesuaikan. Jika server owncloud anda sudah diaktifkan SSL nya, maka gunakan HTTPS. Sebaliknya jika belum, gunakan HTTP.

(Ubuntu 14.04)

Pada versi ubuntu ini, penulisannya harus lengkap, baik pada alamat servernya, maupun nomor port nya jika ada. Jika server anda pada http://localhost/owncloud, maka tuliskan disana : dav://localhost/owncloud/remote.php/webdav

Akhiri dengan klik Connect.

3. Masukkan user dan passwordnya akun owncloud anda. Pilih juga setting penyimpanan password yg anda sukai.

4. Oke, tak seberapa lama (tergantung kecepatan koneksi anda), maka di folder anda akan muncul file2 yang otomatis tersinkronisasi.

Sebagai contoh, saya akan coba paste kan file gambar dengan nama Cloud Computing.jpg

Nah ketika saya buka pada browser, maka otomatis akan muncul file yg tadi telah saya kopikan. Seperti tampak dibawah

Oke, gampang sekali bukan?. Saat ini dan seterusnya, jika ingin mengakses owncloud anda, tinggal klik pada folder tersebut.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: