skydrive

Penyimpanan dan Aplikasi Cloud Gratis Sky Drive

Bagi pemilik ponsel Android (dan penggemar gratisan kayak saya..he.he), saat ini ada kabar gembira, yakni sudah terbukanya hubungan antara microsoft dengan google membuat microsoft rupanya mencoba mengepakkan sayapnya ke ranah android yang notabene sebagai OS paling populer di dunia saat ini.

Aplikasi Office dari Microsoft saat ini sudah bisa dinikmati dengan gratis oleh pengguna ponsel android. Terintegrasi dengan skydrive, layanan Microsoft berbasis Cloud ini memiliki sejumlah fitur yang lumayan menarik.

Tak tanggung-tanggung, fasilitas yang diberikan pun cukup banyak disana, diantaranya :

  • Dokumen Terbaru – Office Mobile terhubung awan. Dokumen-dokumen Anda baru saja dilihat pada komputer Anda sudah tersedia pada ponsel Anda dalam panel dokumen baru-baru ini .
  • Lampiran Email – Anda dapat melihat dan mengedit dokumen Office dilampirkan ke pesan email.
  • Dokumen Office tampil memukau : Melihat Dokumen – Word, Excel dan PowerPoint dokumen tampak hebat pada telepon Anda, berkat dukungan untuk grafik, animasi, SmartArt Graphics , dan lain-lain .
  • Dioptimalkan untuk ponsel – Word, Excel dan PowerPoint telah dioptimalkan untuk layar kecil telepon Anda .
  • Lanjutkan Membaca – Ketika membuka dokumen Word dari OneDrive atau OneDrive untuk Bisnis di ponsel Anda , maka secara otomatis dilanjutkan di tempat di mana Anda tinggalkan membaca , bahkan jika Anda terakhir dilihat dokumen pada PC atau tablet .
  • Presentation Views – The tampilan Slide Navigator di PowerPoint memungkinkan Anda menelusuri slide lebih cepat , sementara catatan pembicara membantu Anda berlatih presentasi Anda .
  • Lakukan pengeditan cepat dan share
  • Dokumen Tetap Utuh – Format dan isi tetap utuh saat Anda mengedit Word, Excel , PowerPoint atau dokumen pada ponsel Anda .
  • Membuat Anda dapat membuat dokumen Word dan Excel baru pada ponsel Anda .
  • Comments – Anda dapat meninjau komentar yang telah dibuat di dokumen Word dan Excel pada ponsel Anda dan menambahkan komentar Anda sendiri.

Oke langsung saja, tulisan ini akan coba membahas bagaimana anda bisa mencoba aplikasi ini. Skenarionya sederhana, Saya akan coba melakukan instalasi pada android saya, dilanjutkan dengan membuat dokumen word, kemudian kita lihat sinkronisasinya pada skydrive yang saya buka melalui PC. Oh ya, sebelumnya pastikan anda telah mempunyai akun dari Microsoft (live atau hotmail) bisa coba daftar disini. Untuk tata cara pendaftarannya tidak diulas disini ya :).

Langkah-langkahnya :

1. Lakukan instalasi pada android anda melalui Play Store dari link ini. Setelah terinstal maka nanti akan muncul seperti pada tampilan dibawah ini.

Juga pada layar desktop android anda, akan nampak shortcut seperti ini.

2. Akan muncul layar agreement/persetujuan kesepakatan. Klik Accept saja disana.

Berikutnya akan muncul tampilan intro bewarna merah tua disini, klik pada panah kanan bawah untuk melanjutkan.

Oke, tampilan intro sudah selesai, saatnya mencoba lebih lanjut. Klik Get Started.

3. Pada halaman ini, isikan e-mail Microsoft anda dengan lengkap dan valid.

Lanjutkan dengan pemberian password yang tepat. Akhiri dengan klik Sign-In

4. Nah pada layar ini, ada beberapa sample format file MS Word, Excel dan power point, abaikan saja karena kita  akan membbuat dokumen baru. Klik pada icon new document paling kanan.

5. Kita akan membuat satu contoh dokumen word (pengolah kata). Berikan beberapa kalimat disana.

6. Setelah selesai menuliskan, akhiri dengan klik SAVE.

Kemudian berikan nama file (pada contoh kali ini akan saya kasih nama “dokumen baru” ) dan atur lokasi tempat penyimpanan, akhiri dengan OK.

7. Sampai disini, untuk penyimpanan dokumen di android anda sudah selesai. Kemudian akan kita cek sinkronisasinya pada layar PC anda. Buka browser PC anda, kemudian silakan akses halaman ini. Klik Sign-In disana.

8. Isikan dengan benar user account dan password anda.

Nah, anda akan mendapati file baru dengan nama ‘dokumen baru; disana. Kemudian klik untuk membukanya.

Setelah diklik, nanti akan terbuka seperti pada tampilan dibawah ini.

Sinkronisasinya sempurna, apapun yang anda ketikan pada android anda, akan otomatis muncul disini. Selamat bereksperimen !

Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.