bandung

Reportase Perjalanan Menjadi Narasumber Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh

Akhir Oktober 2013 kemarin, sebagai salah satu dari tindak lanjut penerapan e-learning di Pusdiklat Mineral Batubara, Bandung yakni dilaksanakan pelatihan untuk admin dan tim pengelola. Karena setelah saya hitung-hitung perjalanan lumayan jauh dari anyer sampai dengan bandung sekira 6 jam-an, maka langsung saya jadwalkan berangkat  dari anyer jam 3 pagi !. Mantab banget kan ?..he.he. begitulah, selalu ada perjuangan dalam hal yang kita lakukan, biasanya manisnya akan kita rasakan kemudian.. (itupun kalo ada, he.he)

Perjalanan pagi hari memang segar sekali, diiringi rasa kantuk yang luar biasa, saya ditemani pak Riki (driver dimana saya bekerja sekarang) melewati kabut pagi itu. Dapat informasi juga kalo ternyata, salah satu trik agar terbebas dari kemacetan di jakarta-bandung, yakni sudah melewati kebon jeruk sebelum jam 6, tul gak sih ?. karena pak Riki memang pakar jalanan jakarta, maka silakan saja di gas sekenceng-kencengnya pak Innova nya, begitu kata saya dalam hati. Wal hasil, target itu pun terpenuhi. Lebih dari itu bahkan tak disangka dan dinyana, kami pun sudah sampe km.57 tol Cipularang pas pk.6.30 WIB. Jam segitu rasanya di rest area tak nampak penjual nasi uduk berkeliaran, ya sudah, ketimbang perut kosong masuk angin, jadiin sajalah makanan yang ada disana, yang penting nasi putih bisa masuk ke perut ini. he. he

Selesai istirahat sejenak, kami pun lanjut meneruskan perjalanan ini. Lebih cepat dari yang kami perkirakan sebelumnya, jam 8 kurang kami sudah sampai di gedung pusdiklat minerba dimana acara berlangsung. Alhamdulillah sampai juga dengan selamat. Tadinya saya janjian dengan panitia jam 9 sampe, dan ini lebih cepat dari perkiraan saya.

Jam 9 tepat kami pun mulai acara sesuai agenda, ternyata di sana sedang ada acara raker, sehingga beberapa peserta tidak bisa hadir. Tak masalah, presentasi langsung saya sajikan tentang strategi pemasaran marketing dari SHIFT learning dan teknis mengelola serta manajemen course di e-learning sekira ada 10 hal yang dibahas.

Membahas teknik pemasaran di mata saya selalu menarik, biacara tentang mempromosikan e-learning, ibarat anda sedang jualan produk agar bagaimana laku keras di kalangan customer (user) anda. Singkat saja, setelah diiringi dengan diskusi sana-sini, akhirnya sesi acara pun selesai. dilanjutkan dengan foto-foto di salah satu sudut gedung yang baru dibangun.

Menjadi Narasumber Materi Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh @Pusdiklat Minerba Bandung, 29 Oktober 2013
Narasumber Materi Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh @Pusdiklat Minerba Bandung, 29 Oktober 2013

Bada dhuhur, setelah makan siang, kami beranjak pulang menuju Anyer kembali dengan hati gembira. Memang saya senang bertemu dengan teman-teman/sahabat baru, yakinlah, seperti nabi berujar, bahwa silaturahmi akan memanjangkan umur dan rejekimu.

Demikian reportase perjalanan kami, semoga ada hal yang bermanfaat dan sampai jumpa kembali ditulisan berikutnya.

#Seperti biasa, jika anda berminat dengan slide presentasinya, silakan share alamat url halaman ini di wall fb anda, kemudian laporkan ke saya dan secepatnya saya kirimkan via message gratisss tiss..

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

 

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.