Seri Cloud 14. Kirim Pesan Mudah dengan Internal Message

Seri Cloud 14. Kirim Pesan Mudah dengan Internal Message

Melanjutkan penggunaan module dari seri sebelumnya. Kali ini saya akan coba bahas module menarik lainnya. Sedikit berbeda dari modul sebelumnya yang merupakan bawaan dari instalasi OwnCloud, modul ini bisa kita instalkan jika telah kita dapatkan sourcenya. Fungsi dari module ini adalah adanya kemampuan menjembatani komunikasi  antara user satu dengan yang lain, lebih dari itu, pun bisa mengirimkan pesan dari satu user ke group lain yang dinamakan Internal Message. Hebat banget kan ?. Tak sabar ingin mencoba ?. Silakan simak dan praktekkan langkah-langkah berikut.

1. Untuk mendapatkan source modul ini silakan akses kesini http://apps.owncloud.com/content/show.php/Internal+Messages?content=154784

1

Lihat pada sisi bagian bawah, maka akan anda dapati link “download” seperti dibawah ini2

2. Saya asumsikan anda telah selesai melakukan download. Segera lanjutkan dengan uncompress/extract file yang telah anda download. Folder hasil extract bernama “internal_messages-master”

3. Kopikan pada folder /var/www/(folder cloud anda)/apps

kalau saya bertempat di /var/www/nfbscloud/apps sehingga posisinya terletak seperti struktur dibawah ini

3

4. Login menggunakan akun admin anda, kemudian masuk ke dalam menu “Apps” di bawah admin, disisi kanan atas.

11

5. Anda akan mendapati ada module “Internal Message” disana, kemudian Enable kan

4

6. Setelah aktif, maka disisi kiri akan muncul ikon seperti amplop dibawah ini, artinya instalasi module anda barusan berhasil dilakukan.

5

7. Berikutnya, anda sudah bisa melakukan ujicoba menuliskan pesan kepada user lain, misalnya, saya sekarang sedang menggunakan user admin ingin menuliskan pesan kepada user dedy, maka baru saja saya mengetikkan “de” akan muncul rekomendasi ke nama “dedy” disinilah hebatnya. Lanjutkan dengan menuliskan terserah saja, akhiri dengan klik “Send Message”

6

8. Selang tak lama maka akan muncul kabar Success terhadap pengiriman pesan kita barusan.

7

Untuk mencoba mengetes apakah user dedy menerima pesan admin barusan, saya coba lakukan logout, kemudian login dengan akun dedy.

9. Setelah berhasil login, maka didapati muncul di sisi sebelah kiri gambar amplop diikuti dengan kurung satu (1), yang menandakan bahwa sudah ada pesan yang masuk satu buah.

8

10. Dan beginilah hasilnya, pesan saya tadi berhasil diterima dengan baik. Disertai foto pengirimnya juga yang menawan..he.he

9

Menggunakan fitur ini juga bisa kita lakukan reply dan search (pencarian) pesan bilamana sudah banyak pesan yang masuk ke inbox kita.

Mudah sekali bukan mempraktekkan module ini ?.  Sekedar informasi, jika anda browsing di alamat http://apps.owncloud.com maka anda akan mendapatkan banyak sekali module yang menunjang pekerjaan anda. Selamat bereksplorasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam hangat,

Dedy Setyo

One thought on “Seri Cloud 14. Kirim Pesan Mudah dengan Internal Message

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: