Seri Cloud 8. Mencicipi Performa OwnCloud sebagai Music Streaming Server

Seri Cloud 8. Mencicipi Performa OwnCloud sebagai Music Streaming Server

Tadinya saya berangan-angan, bisa nggak ya kalo semua koleksi musik mp3 saya, ditaruh di cloud server trus kalo ingin dengerin bisa streaming, so sd card saya nggak tergerus free spacenya, sedangkan aktivitas dengerin mp3 favorit tetep bisa berjalan lancar, baik saat ngantor ataupun saat dirumah dan saat mobile.. Lebih jauh lagi, untuk kebutuhan pembelajaran yang membutuhkan listening bisa menggunakan media ini, sehingga siswa-siswa bisa mendengar satu sumber suara yang sama tanpa harus melakukan download berulang-ulang dengan kata lain hanya streaming saja..hmm..bisa nggak ya, owncloud menjawab tantangan saya ini..

Setelah utak atik sana sini, baca sana sini, ternyata tantangan saya ini terjawab sudah..jawabannya BISA !.

Terbukti lagi kemampuan owncloud ini dalam urusan media ternyata nggak bisa dipandang remeh, bagaimana tidak semua file2 mp3 saya diputar tanpa lag. mantab bukan ?. bagaimana caranya ?. ikuti terus pembahasannya disini..

Untuk memudahkan pembahasannya, ada dua macam device yang akan saya bahas disini, pertama, PC Windows 7 (harap maklum, pengguna ini masih banyak ..he.he trus juga cara di OS lain hampir sama koq, full GUI soalnya). kedua, smartphone android, ga ada spec khusus sih.cuman di ujicoba saya pake ACER LIQUID E2 jelly bean 4.2

a. Streaming di PC Windows 7

Sebelum mengikuti step demi step, pertama kali siapkan bahan-bahan nya dulu.

sekilas info tentang Tomahawk ini, walaupun mirip/sejenis dengan senjata tempur amerika, tomahawk  merupakan musik player yang mengubah cara seseorang untuk menikmati dan berbagi dalam streaming (kata website officialnya begitu..he.he). Menyediakan berbagai macam platform OS diantaranya Windows, MAC OS, Linux Mint, Ubuntu, Fedora, arch linux, chakra dsb.

1. Setelah download di PC anda, langsung lanjutkan dengan instalasi ya, mohon maaf tidak dibahas cara installnya 🙂

2. Buka aplikasi tomahawknya, kemudian pada sudut kanan atas, temukan icon obeng seperti ini

1

3. Kemudian klik “Configure Tomahawk”

2

4. Akan muncul jendela  Services, temukan Ampache, checklist di sisi kiri,  kemudian klik obeng lagi disisi kanannya.

3

5. Sampe jendela “Ampache Configuration” isikan Username, Password dan server URL anda.

Dalam ujicoba saya, menggunakan akun dedy.

pada Server URL saya, diisikan : http://192.168.0.10/nfbscloud/remote.php/ampache/

pada url diatas, yang saya tebelin adalah alamat lokasi owncloud saya ditambahkan : “/remote.php/ampache/”

untuk alamat server anda, bisa menyesuaikan. Lanjutkan dengan klik OK

4

tak berlangsung lama seharusnya, akan dapat anda lihat di sisi sebelah kiri tomahawk player tadi akan muncul pada deretan MY MUSIC dan CLOUD. akan muncul server owncloud anda.

5

dan..ta dha…Koleksi mp3 anda akan muncul otomatis berderet..jika anda tambahkan mp3 baru jangan lupa di sinkronise ulang agar muncul pada jendela playlist.. Penampakannya seperti dibawah ini

6

Oke, silahkan dicoba sendiri dan rasakan sensasinya..he.he. Berikutnya, saya akan mengulas streaming music dari server musik kita di owncloud melalui smartphone android anda..

b. Streaming di Gadget Android

beberapa bahan yang dibutuhkan bisa install langsung dari google play adalah :

  • Just Player, bukan jus mangga, apalagi jus alpokat..he.he. Player ini terbilang enteng dan handal..

7

  • Ampache provider, semacam plugin pelengkap agar just player bisa berjalan lancar.

8

Silahkan keduanya diinstallkan sampe beres. menurut referensinya, just player lebih baik diinstalkan terlebih dahulu baru kemudian diikuti oleh ampache providernya.

Nah setelah keduanya terinstall dengan baik, sekarang kita masuk ke konfigurasi Ampache Provider nya dulu.

1. Pada isian Ampache Server, isikan : http://192.168.0.10/nfbscloud/remote.php/ampache

url yang saya tebelkan diatas itu adalah alamat server anda, silahkan disesuaikan saja. dilanjutkan isikan Username, passsword dan DatabaseName biarkan posisi default. kemudian klik Set.

9

Setelah itu checklist Only stream..bla2.. maksudnya, adalah bisa berjalan aplikasi ini jika terkoneksi dengan wifi. Agak ke bawah, akan anda temukan berapa banyak file mp3 yang terdeteksi aplikasi ini secara otomatis. Seperti penampakan dibawah ini

10

2. Sekarang kita lanjutkan dengan seting konfigurasi Just Player nya. klik Config seperti gambar dibawah ini

11

3. Klik lagi pada Config Data Source

12

4. Akan terdeteksi Ampache disana sebagai sourcenya..ketika anda klik nanti akan muncul setingan ampache seperti diatas..

13

5. Nah sekarang, klik tombol back, maka akan anda dapati koleksi mp3 anda siap menunggu untuk diputar..

14

Silakan klik play pada lagu yang ingin diputar.. nah jika anda menambahkan lagu baru di folder owncloud anda, jangan lupa lakukan sinkronisasi/refresh pada tombol paling kanannya.. dan anda telah siap untuk memainkannya..

Gampang kan?. tak perlu galau untuk menikmati lagu favorit anda dimanapun berada, karena dengan cloud anda sendiri, semuanya akan mudah dilakukan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Salam hangat,

Dedy Setyo

5 thoughts on “Seri Cloud 8. Mencicipi Performa OwnCloud sebagai Music Streaming Server

  1. mas deddy koq saya tidak bisa mengkoneksikan owncloud saya dengan tomahawk.. owncloud saya masih diuji menggunakan LAN dengan IP Private blum pake IP Publik..

      1. Cloud collections aren’t supported in the flat view yet. we will have them covered soon. switch to another view to navigate them.

        itu mas pesan eror nya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: