elearning

Proposal Penerapan dan Pengembangan e-learning di Lembaga Pendidikan Anda

Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada saat ini telah merambah berbagai macam bidang. Merubah cara pandang kita, budaya kerja kita dan berbagai macam kebiasaan kita, semisal jika dulu kita akan berbelanja harus datang ke pasar/mall, maka saat ini kita sudah sangat akrab dengan belanja online dalam istilah IT nya dinamakan e-commerce sehingga untuk berbelanja maka tak perlu kemana-mana karena barang akan dihantarkan langsung ke depan pintu rumah kita. Jika pada zaman dahulu kita sering berkirim surat dengan sahabat kita yang berada pada negara lain, dan tentu saja ini memakan waktu, biaya dan tenaga maka saat ini kita telah akrab dengan surel (surat elektronik atau e-mail) sehingga pesan kita akan tersampaikan bukan lagi pada hitungan hari/minggu, tapi hanya dalam hitungan detik dan tidak akan salah alamat. Jika pada masa-masa sebelumnya kita kenal KTP sebagai kartu identitas kita, maka pemerintah hari ini telah menggalakkan penggunaan e-ktp untuk sentralisasi data masyarakat dalam satu database.

Ini adalah sekelumit contoh bagaimana penggunaan teknologi telah berpengaruh dalam sisi kehidupan kita, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Kelas-kelas konvensional dimana seorang tentor/guru harus bertatap muka untuk pembelajaran dengan peserta didik adalah model klasik, saat ini pembelajaran pun dapat dilakukan dengan jarak jauh (distance learning), begitupun dengan menghantarkan bahan ajar, media ajar, bahkan evaluasi dapat dilakukan oleh tentor/guru dalam waktu yang singkat dan menyebar ke segala arah. Partisipasi aktif peserta didik pun diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk bertanya, berdiskusi, menjawab pertanyaan, sampai dengan menggali sendiri informasi sebanyak-banyaknya informasi dilanjutkan dengan mengkonstruksi pengetahuannya sehingga bertambahlah pengalaman belajar dan mengikat makna, sampai disini harapannya tujuan dan esensi pembelajaran yang sesungguhnya akan didapatkan. Hal inilah yang dinamakan e-learning.

Mari kita cermati data-data berikut, dalam bukunya yang berjudul “The E-Learning Question and Answer Book”, Penerbit Amacom Publishing tahun 2003. Allan Henderson memaparkan bahwa perusahaan-perusahaan di Amerika dapat menghemat 50 – 70 % untuk biaya training dengan e-learning dibandingkan dengan metode konvensional (laporan Training Magazine). Dilanjutkan dengan laporan bahwa IBM berhasil membukukan keuntungan sebesar $375 juta dalam penggunaan e-learning pada tahun 2001. Sementara Hawlet Packard salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia pun berhasil mencatat keuntungan $5,5 juta karena mengubah pola training konvensional menjadi e-learning untuk karyawan-karyawannya. Contoh-contoh inilah yang menjadi bukti bahwa dalam penerapannya e-learning ternyata mampu menekan biaya menjadi sangat kecil karena dalam e-learning semua sumber/media belajar berbasis digital/paperless (tanpa biaya cetak), komunikasi dan transportasi pun dapat dihemat karena pembelajaran pun dapat dilakukan jarak jauh serta lebih interaktif. Untuk aspek lainnya, berikut kami paparkan perbandingan antara pembelajaran konvensional dengan e-learning, yakni sebagai berikut :

perbandingan

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang berperan penting sebagai garda terdepan dalam mencerdaskan masyarakat dan putra putri bangsa, menggunakan media e-learning ini sebagai daya dukung untuk pengembangan kompetensi dan pengetahuan akan mempercepat tujuan pembelajaran dan penyerapan materi sehingga berdampak positif untuk lembaga pada khususnya dan segenap masyarakat Indonesia pada umumnya.

Bersama ini, ijinkanlah kami sampaikan proposal penerapan dan pengembangan e-learning jika kiranya lembaga pendidikan dimana anda bernaung memiliki keinginan atau master plan untuk akselerasi proses pembelajaran kedepan. Silakan unduh atau lihat saja disini.

Salam hangat,

Dedy Setyo Afrianto.

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.