logo-esdm

Reportase Penerapan e-learning di Pusdiklat Minerba Kementrian ESDM

Setelah hampir 2 minggu lebih vakum tak menulis sama sekali, rasanya rada gatal ini tangan untuk ketik-mengetik lagi. Ada banyak topik tulisan yang bersliweran di kepala, namun sebelum lupa saya ingin nuliskan reportase perjalanan kemarin selama 2 hari di kota Bandung. Iya, Alhamdulillah hari Jumat kemarin saya di undang untuk memberi pembekalan pengantar penerapan e-learning di Lembaga Pusdiklat Mineral dan Batubara Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral RI yang punya kantor di Bandung. Ketemu dengan orang-orang hebat yang selama ini berjibaku dengan eksplorasi SDA, saya coba sebutkan beberapa yang saya ingat, ada Pak Iwan (salah satu pimpinan Diklat), ada mas Yudha dan mbak Irma dari staff bagian program dan beberapa teman-teman lainnya dari tim pengembang.

Berangkat dari NFBS Serang dari jam 5.15 WIB bareng Ust Tri langsung menuju Bandung, di beberapa tol sempat terkena macet akhirnya membuat perjalanan sempat tertunda, namun begitu kelincahan Ust Tri dalam mengendalikan mobilnya akhirnya sampailah kami di Gedung Pusdiklat Jam 11.45 WIB. Setelah tanya2 satpam tentang gedung yang dimaksud akhirnya benar juga ini gedung dikompleks yang lumayan luas di pinggiran Jalan Sudirman ini. Kami putuskan untuk rehat sejenak dan sholat Jumat di dalam kompleks yang punya Masjid sendiri ini. Dilanjutkan dengan makan siang di kantin kantor, akhirnya leyeh-leyeh bentar di masjidnya sambil nyiapkan presentasi dan utak atik beberapa slide.

Waktu yang ditunggu pun datang, pk. 13.45 saya mulai langkahkan kaki untuk masuk dan mencari TKP presentasi yang dimaksud sementara acara (sesuai undangan) dimulai pk.14.00. Agak deg-degan tadinya karena ketemu dengan orang-orang hebat yang sebagian besar nampaknya sudah senior, khawatir tidak sesuai dengan harapan-harapan beliau nantinya. Nyalakan laptop sebentar, dan pointer laser yang dibawa jauh2 akhirnya mulalilah sesi presentasi itu setelah diberikan prolog oleh Bp. Iwan.

Setelah 10 menit presentasi berjalan, akhirnya suasana sudah santai  dan presentasi pas selesai setelah kira2 satu jam lebih berjalan. Dilanjutkan dengan sesi diskusi hampir sejam, karena menjawab pertanyaan2 analitis terkait strategi penerapan dilembaga ini. Perlu diketahui bahwa mitra pusdiklat telah tersebar di seluruh Indonesia dan dari berbagai instansi baik pemerintah ataupun swasta yang berjumlah kira2 ratusan instansi. Saya ingat teori penerapannya T. Govindasamy ada 5 step dengan masing-masing indikatornya tentang tahapan2 ini, dan semoga strategi ini nantinya bisa berjalan dengan mulus. Di akhir sesi terjadi kesepakatan akan dilanjut dengan kemitraan startegis berupa coaching dari strategi sampai dengan teknis penerapan. ini 2 foto yang sempat diambil di acara itu.

dedy pusdiklat esdm
Sejenak narsis dikit setelah acara

 

Foto bareng mas Yudha dari Bagian program
Foto bareng mas Yudha dari Bagian program

Selesai dari acara ini, kami langsung bertolak ke Lembang untuk ketemu dengan teman2 dari NFBS Lembang. Oh ya, sekilas info, dulu saya sering bolak balik ke Lembang karena juga ngurusi penerapan e-learning disana mulai dari perancangan teknis sampai dengan pelatihan2 untuk stakeholdernya.. Nginep semalem di rumah kang Cahyo yang sangat baik ini, akhirnya paginya kami kembali ke Anyer dengan perasaan gembira karena 2 hari yang indah, nambah pengalaman baru dan silaturahmi dengan teman2 lama. Demikian reportase ini, semoga bermanfaat !

#Oh ya, slide presentasinya bagi yang membutuhkan saya kasihkan gratis..tis.. Caranya simpel, dalam rangka penyebaran ilmu dan pengetahuan, silakan share url blog ini (tulisan dengan judul apa saja) di wall FB anda, kemudian kabari saya di akun ini. Sekira kurang dari 24 jam, slide presentasi akan terkirim di e-mail anda. Bagi yang mau lho ya. gak ada paksaan apapun koq 😉 dan sekali lagi gratis..tis.. gak ada pungli..he..he 🙂

Salam hangat,

 

Dedy Setyo.

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.