webstore

Seri 4 Membangun Toko Online dalam 30 menit!. Menggunakan Rupiah sebagai Mata Uang Transaksi

Menulis tutorial berseri menurut saya lumayan seru, karena bahasannya bisa lebih spesifik dan tertantang untuk nerusin terus.. Edisi kali ini kita lagi nglanjutin serial webstore yang Alhamdulillah sudah masuk ke seri ke 4. Sebagai panduan bagi Anda yang akan merintis toko online nya, atau bagi yang seneng ngoprek, siapa tahu nantinya bermanfaat ya ?. Amien.

Melanjutkan tulisan sebelumnya setelah kita menambahkan produk kita, masih ada kejanggalan yakni mata uang yang muncul koq masih mata uang asing ya ?. Emangnya ada apa dengan Rupiah ?.he. Yang belum nyambung bisa lihat ke bawah ini. Lihat pada kotak merah, masih pake pecahan dollar.

1

Lha trus, emangnya gak ada fasilitas buat nambhakan mata uang ?. begitu sebagian pertanyaan pengunjung setia blog ini. Oke, akan saya coba saya tunjukkan fasilitas menambahkan mata uang dari plugginnya. Silakan masuk lewat Dashboard kemudian klik WP Online Store

18Masuk ke link LOCATION / TAXES >> Currencies
2

Kemudian akan nampak link + New Currency

13

Pada deretan mata uang disana, silakan cari mata uang Rupiah apakah ada ?. Nampaknya tidak ada saudara-saudara..he.he. Huruf “I” saja, hanya ada India dan Israel.

14

Tapi tidak usah berkecil hati sampai disini, Defaultnya walaupun disitu hanya ada Euro dan Dollar. Kita bisa melakukan editing dan oprek dikit. Gimana caranya ?

1. Perhatikan pada mata uang “Euro” di sebelah kanannya maka anda akan melihat link Edit silakan klik link tersebut.

3

2. Kemudian silakan ganti title, Code, Symbol Left dan seterusnya sama dengan gambar dibawah ini. pastikan checklist Set as default agar dianggap sebagai default mata uang. Akhiri dengan SAVE.

4

3. Oke, sampai disini sudah selesai langkah-langkahnya. Sekarang masuk ke tampilan depan webstore kita http://localhost/wordpress kemudian refresh (tekan F5) di browsernya dan lihat apa yang terjadi. Di beberapa kali pengujian membutuhkan restart servernya karena ada sebagian cache yang masih tertahan di browser. Namun kalo dengan refresh saja sudah beres sih tidak jadi soal. Lihat hasil akhirnya di bawah ini.

11

Gampang kan pake Rupiah sebagai mata uang ?. Silakan mencoba ya.. Nantikan edisi berikutnya edisi webstore ini :). Semoga bermanfaat !

Salam hangat,

Dedy Setyo

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.