Seri Cloud 4. Sinkronisasi Mudah File-file Klien Windows dengan Server OwnCloud

Seri Cloud 4. Sinkronisasi Mudah File-file Klien Windows dengan Server OwnCloud

Melanjutkan seri Cloud menggunakan OwnCloud, tulisan ini akan mengupas dengan teknik mudah bagaimana sinkronisasi dilakukan antara server cloud kita dengan klien secara otomatis, mudah dan bebas masalah. Sebelum mempraktekkan tulisan ini harapannya anda telah membangun server storage cloud sendiri, jika belum silakan menggunakan panduan disini. Pada tutorial ini (bagian 1), kita akan seting sinkronisasi klien dengan OS Windows,  harapannya pengguna windows (yang masih dominan usernya) dapat memanfaatkan guide ini.

Persiapan :

1. Silakan download software sinkronisasi klien windows disini. Dilanjutkan dengan proses instalasi. Untuk tahap install silakan diinstal sendiri ya :), tempatkan di C:\Program Files

2. Di bagian jendela “Create Connection to OwnCloud” isikan :

Server address : 192.168.0.10/nfbscloud (ini asumsi alamat tergantung kondisi di server anda)

Unchecklist pada opsi Use secure connection (ini)

Username : dedy (tulis user anda) dan Password

Jika sudah diisi semua lanjutkan dengan klik next

 

3. Tunggu sejenak, jika isian anda benar. Proses sinkronisasi tidak akan memakan waktu lama. Jika muncul teks Successfully … maka dipastikan sudah berhasil konfigurasinya. Klik Finish untuk mengakhirinya.

Di taskbar bawah akan muncul balon sync Started

Sampai disini instalasi program selesai. Perlu diingat bahwa defaultnya folder cloud anda di PC client terletak di C:\Documents and Settings\Administrator\OwnCloud jika folder ini anda taruh file maka secara otomatis di akun owncloud anda pada folder clientsync pun akan muncul file yang sama (auto upload). Begitupun jika anda taruh file di folder clientsync anda di akun owncloud, maka file2 tersebut akan otomatis muncul di folder C:\Documents and Settings\Administrator\OwnCloud (auto download). Proses ini terjadi begitu cepat dan hampir tak terjeda untuk ukuran file maksimal 5 MB. Namun di eksperimen saya taruh file sebesar 37-an MB, maka butuh waktu setidaknya 5 menitan. Hal ini saya kira lumayan cepat juga. Untuk screenchotnya silakan lihat gambar dibawah.

 

Oke demikian tutorial singkat ini. Semoga membuat hidup anda dan kerja-kerja anda makn mudah nantinya. Dibagian berikutnya, akan coba saya share sinkronisasi untuk client Ubuntu.

Selamat mencoba  !.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo

 

 

8 thoughts on “Seri Cloud 4. Sinkronisasi Mudah File-file Klien Windows dengan Server OwnCloud

  1. pak, saya mau tanya, saya telah buat server storage cloud persis seperti yang ada di seri 1 dan telah sukses. yang mau saya tanyakan gimana cara koneksi antara client yang menggunakan windows 7 ke server storage nya pak?
    waktu saya ketik http:/localhost/owncloud di browser client, katanya “server not found”. kenapa bisa begitu pak?
    PC client sudah disambungkan ke LAN

  2. mas mau nanya, file CCTV bisa disimpan otomatis ga ke owncloud menggunakan ip CCTV dan port pada CCTV , mohon bantuan nya

    ~~ terima kasih~~

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: