web-conference

Membuat BigBlueButton Web Conference Kolaborasi dengan WordPress untuk menambahkan User dan Password

Salam pembaca setia DedySetyo.net !. Tak terasa sudah beberapa hari berlalu, targetan pribadi sih inginnya tetap konsisten menulis paling lama tiap 2 hari sekali, he he. tapi apa daya, nampaknya begitulah manusia, susah untuk istiqomah. Walaupun begitu inginnya sih nulis yang berkualitas, mudah2an tulisan ini sesuai dengan harapan (ngarepbanget.com).

Oke, melanjutkan bahasan tentang web conference di tulisan sebelumnya, tutorial ini bermula dari pertanyaan beberapa teman tentang bagaimana men-setting big blue button (BBB), agar web conference yang telah kita bangun ini memiliki otentifikasi untuk usernya. Oh ya, bagi anda yang tiba-tiba nyasar ke tulisan ini, sangat disarankan untuk mengawalinya dengan membaca serial ini, agar tak hilang arah (kayak judul lagu..he he). Simpelnya gini, kalau instalasi defaultnya BBB kan tidak ada seting password sehingga semua user yg bisa masuk dalam conference kita. Nah, dengan sedikit trik, kita bisa mengeset agar BBB memiliki syarat akun, agar tidak semua orang/user bisa ngikut.

Caranya adalah kita bisa melibatkan wordpress (WP) dalam BBB kita. Nah lho, maksudnya piye ?. Anggap saja sebagai interface awalnya adalah wordpress (untuk otentifikasi user-password) kemudian kita panggil BBB lewat wordpress kita. Bagi anda yang belum pernah instalasi CMS wordpress disarankan untuk nyobain dulu “rasanya” install dan konfigurasi wordpress (install CMS wordpress lewat hosting/lokal, silakan meluncur kesini untuk download paketnya), insyaAlloh bisa dipelajari koq sudah cukup banyak tutorial yang membahas.

Di tutorial ini, Saya akan mempraktekkan di hosting dedysetyo.net, bagi yang kemarin sempat install BBB di lokal/intranet mudah2an di kesempatan berikutnya akan coba saya dokumentasikan step by stepnya. Oke, asumsinya anda telah memiliki blog/site WP di hosting. Kalau anda punya blog di wordpress yang gratisan itu gimana ?. Setahu saya untuk install plugin-plugin baru yang aneh-aneh fiturnya sangat terbatas/tidak bebas, sehingga tidak bisa oprek lebih dalam. Nah begitulah kira2 prolognya. Siap ?. kita mulai.

Langkah2nya begini :

1. Masuk/login ke dalam halaman dashboard kita sebagai admin.

2. Masuk ke link Pugins>>Add New. kita akan installkan plugin bigbluebutton

 

3. Cari dengan mengetikkan pada form “search” bigbluebutton kemudian diikuti klik Search Plugins. Bagi yang ingin downlaod plugin ini bisa meluncur kesini langsung.

 

4. Begitu sudah muncul hasil pencarian kita, klik Install Now

5. Tunggu sebentar sampai instalasi selesai, kemudian klik Activate Plugin

 

6. Tanda BBB sudah aktif adalah muncul seperti ini di bagian plugin

7. Kemudian masuk ke Settings >> BigBlueButton

 

Pada General Settings  (seperti dibawah ini) biarkan pada posisi default. Sebenarnya disinilah kunci koneksi antara WP-BBB. Jika anda instalkan BBB di server lokal, pada bagian inilah yang berbeda. Disinilah kita bisa memanfaatkan server blindsidenetwork dengan gratis.

Pada permission setting dibawah ini lah (biarkan pada posisi default), lihat kotak merah yang saya tandai, Anonymous (user yang belum terdaftar) harus memiliki password untuk bisa login.

 8. Kita buat Meeting Room nya, ambil contoh

Meeting Room Name  (nama ruang meeting): demo

Attendee Password  (password peserta): demo

Moderator password (password moderator): demo

akhiri klik Create

Oke, sampai disini setingan untuk koneksi WP-BBB telah selesai.

Untuk mempermudah user mengakses, anda bisa menempatkan widget BBB di bagian kanan site lewat Appearance>>Widgets

Langkah berikutnya pastikan anda membuat user untuk pesertanya (tidak diuraikan cara membuat user di WP, asumsinya anda telah paham langkah ini). Pada contoh ini saya membuat user untuk demo dengan username : demo1 ; sementara password : demo1

Kemudian login pada halaman dedysetyo.net/wp-admin (anda boleh juga mencobanya) dengan user-password tersebut. Kemudian pada halaman depan, di sebelah kanan anda akan melihat link ini “Join demo”

 

Silahkan klik link ini dan selamat anda telah berhasil membuat conference ini terbatas untuk orang-orang tertentu. Lihat screenshot narsis saya di bawah ini..he he. Di bagian Name (kotak merah) muncul sebagai user demo1 lho. URLnya juga langsung di redirect ke server blindsitenetwork sehingga harapannya tidak membebani server kita.

Selesai sudah tutorial ini. Mudah sekali bukan ?. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo.

 

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

7 thoughts on “Membuat BigBlueButton Web Conference Kolaborasi dengan WordPress untuk menambahkan User dan Password”

  1. Pak Dedy, saya masih sedikit bingung, ini WP nya di install dalam satu server sama server BBB atau terpisah pak?

    1. Makasih mas imam sudah berkunjung. Satu server yang sama boleh mas, atau beda server juga gak papa. Tutorial ini untuk versi WP yang sudah terinstal di internet/hosting ya mas imam. Bukan untuk WP yang .com yang gratisan itu.

  2. Pak Dedy, saya sudah intall bbbnya tapi suara kok masih putus-putus.
    Pak dedy mungkin memshare tip triknya agar bbb lebih bagus suaranya

    1. Terima kasih mas wawan sudah berkunjung. Wah kebetulan selama saya mencoba di beberapa server dan client suaranya Alhamdulillah jernih/lancar terus mas. Prediksi saya mungkin masalahnya di Mic/headsetnya mas, silahkan di tes dengan/tanpa BBB atau pada beberapa PC lainnya. Kalau ternyata nggak, yang kedua silahkan dicek pada kondisi jaringannya, apakah stabil atau tidak di koneksinya, karena transmisi bit per bitnya lumayan padat untuk sekali pengiriman data mas (audio dan visual sekaligus). Begitu kira-kira jawaban saya. Semoga menjawab mas. 🙂

  3. wah tulisan yang bermanfaat pak dedi..
    saya masih bingung pak.. saya mau menginstal moodle yang terintegrasi dengan bbb ini…, saya masih bingung bagaimana cara menghosting nya..
    terimakasih

  4. kolaborasi bbb dengan moodle ya mimi?. lumayan seru juga ini. Oke, saya sudah coba buat naskah tutorialnya, tunggu finishingnya ya.. mudah2an bisa di posting pekan ini.
    Terima kasih telah berkunjung 🙂

  5. usul dong, mohon di blognya ms dedy dikasih menu subscribe, supaya kalau ada postingan baru sy tidak terlewat. btw tutorialnya mantab dan bermanfaat.

    trimkasih bnyak, trus berkarya.

    wasskm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.