video pembelajaran

Video; Meningkatkan Pembelajaran Melalui Gambar Bergerak (tulisan 4 dari 4 tulisan–habis)

Dalam bukunya yang berjudul “Instructional Technology and Media for Learning”, Sharon E Smaldino menjelaskan begitu banyak media yang dapat digunakan untuk mendorong percepatan penerimaan siswa terhadap pembelajaran. Khusus pada bab tentang video, tulisan ini merupakan terjemah dari catatan beliau agar lebih mudah dipahami dan berguna untuk penelitian bagi teman-teman yang membutuhkan literatur ini. Karena total ada 16 halaman (A4), saya sajikan dalam 4 tulisan berseri. Selamat membaca !

1. Seri 1. Berisi Materi : Pemanfaatan Video di Ruang Kelas, Special Attributes

2. Seri 2. Berisi Materi : Digital Video Format, Bentuk Video Analog, Kelebihan dan Kekurangan Video, Memilih Video.

3. Seri 3. Berisi Materi : Memproduksi Video dan Contoh-contoh Produksi Video Inspiratif

4. Seri 4. Berisi Materi : Memilih dan Menggunakan Video


SELECTING AND USING VIDEO (Memilih dan Menggunakan Video)

A.   Analisis Siswa

Pengembangan pembelajaran dimulai dengan mengidentifikasi karakteristik siswa dan karakteristik pembelajaran.

  • Tentukan tingkat pengalaman siswa dalam menggunakan video.
  • Pertimbangkan tingkat perkembangan mereka sebagai factor menentukan tujuan pembelajaran.

B.    Rumuskan Standard dan Tujuan.

Tujuan menyediakan panduan bagi guru dan siswa dalam mencapai hasil pembelajaran.

  • Pertimbangkan pencapaian dan hasil yang diharapkan sesuai kondisi kelas dan sekolah.
  • Pertimbangkan skill/kemampuan yang diperlukan dalam membuat video / standar yang ada dalam kurikulum.

C.    Pilih Strategi, Teknologi, Media dan materi.

Setelah kamu memahami karakteristik dan prestasi belajar siswa, gunakan informasi tentang video yang ada di bab ini sebagai dasar untuk memilih, memodifikasi, atau merancang strategi, teknologi, media dan materi. Aturlah penggunaan  untuk menyesuaikan dengan kebiasaan tertentu dari topic dan tujuan.

  • Pertama, berkonsultasilah dengan bagian media disekolahmu untuk mengetahui apa yang tersedia di media center.
  • Tinjau ulang dan taksirlah baik dari sisi komersial (biaya) dan materi yang tersedia sebelum menggunakannya dengan siswamu.
  • Gunakan rubric pilihan “selection rubric:Video” untuk panduan keputusan pilihan.
  • Periksa batasan hak cipta disemua bahan yang kamu  pakai sebagai bahan ajar dan yang akan siswa gunakan.

D.    Penggunaan Teknologi, Media dan Materi.

Cara seorang guru menggunakan media dan bahan ajar dalam pembelajaran akan mempengaruhi cara belajar siswa.

  • Ikuti anjuran yang telah dibahas dalam bab ini untuk memfasilitasi pembelajaran siswamu, modifikasi bahan ajar yang digunakan sesuai kebutuhan.
  • Perlengkapan video, dan sumber yang kamu pakai akan menentukan bagaimana kamu menjadwalkan pengalaman pembelajaran siswamu.
  • Jika kamu punya akses ke sebuah sistem video playback diruang kelas, kamu bisa berharap untuk membuat sebuah pusat pembelajaran. Jika kamu punya keterbatasan akses keperalatan dan materi video, kamu bias meminta siswa untuk melihat video terpilih secara bersama.Tergantung pada ketersediaan perlengkapan, kamu memungkinkan siswa untuk membuat video mereka sendiri.

E.    Melibatkan Partisispasi Siswa

Libatkan siswamu dalam pembelajaran untuk memastikan mereka terhubung dalam pembelajaranmu.

  • Perkenalkan dan jelaskan materi video yang ada dalam tujuan pembelajaranmu.
  • Minta siswa untuk melakukan kegiatan khusus berdasar kemampuan untuk menggunakan apa yang telah mereka pelajari dari video. Siswa akan menemukan lebih banyak nilai daei materi jika mereka dapat menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan kenyataan.
  • Minta siswa untuk melihat video  tertentu dan menganalisanya dengan baik dalam laporan tertulis atau dipresentasikan secara lisan.
  • Minta siswa membuat video pendek dengan topic pilihan mereka sendiri dan tayangkan dikelas.

 

F.     Evaluasi dan Revisi

Ini adalah penting untuk mempertimbangkan bagaimana materi video membantu siswa memahami materi.

  • Nilai siswa atas kualitas video buatan mereka dan bagamana baik mereka mengintegrasikannya kedalam pembelajaran mereka yang lain.
  • Revisi pilihanmu dari materi sesudah kamu menentukan seberapa baik mereka bekerja. Pastikan bahwa seluruh bahan yang dipakai terhindar dari masalah hak cipta.

 

ASSURE CLASSROOM PRACTICE  ( Praktek diruang kelas)

Bab 11 ‘Assure Classroom Challenges” berdasar pada gabungan antara beberapa pelajaran (interdisipliner) di kelas V oleh Scott James. Bab 11 bagian yang menyertakan “ Assure learning with technology and Media” DVD meliputi sebuah pembelajaran dalam action video Scot James yang menerapkan pelajaran dikelas V dan menyediakan wawasan /pandangan dalam mencapai keberhasilan dalam pelajaran dimana siswa membuat video.

Assure Classroom Practice ini memaparkan rencana pengajaran yang digunakan oleh Scot James, Guru kelas V, yang membuat sebuah pelajaran interdisipliner yang meminta  siswa membuat video digital. Mr. James ingin meningkatkan kesadaran siswa atas bencana alam ketika mengajarkan kemampuan menulis paparan. Untuk menghadapi tantangan ini, siswa secara berpasangan memilih bencana alam yang mereka ambil dari internet maupun penelitian diperpustakaan. Siswa menulis scenario untuk dipakai ketika mereka membuat siaran berita dengan video digital. Dibawah ini adalah rancangan pembelajaran Scott James untuk pelajaran pembuatan siaran berita bencana alam.

Scott James,

Kelas V,

Topik : Bencana alam

 

A.    Analisis Siswa

Karakteristik Umum.

Murid kelas V Scott James adalah multi etnis dari ekonomi menengah bawah. Terdistribusi secara merata baik siswa perempuan maupun laki-laki, dengan usia antara 9 dan 10 tahun. Tingkat kemampuan memahami bacaan bervariasi dari rendah sampai tinggi.

Kompetensi awal.

Siswa secara umum dapat melakukan penelitian online.

Siswa sudah dapat menggunakan iMovie software untuk mengedit video digital.

Metode Pembelajaran

Siswa Scott belajar lebih baik dengan kegiatan yang berhubungan dunia mereka dan topic yang mereka pilih sendiri. Tingkat ketertarikan dan motivasi akan meningkat ketika mereka menggunakan teknologi. Kenyamanan siswa dalam berbicara berubah sangat besar ketika mereka berbicara dan berakting didalam video. Perbedaan juga terlihat dalam gaya belajar siswa yang berhubungan dengan gambar dan suara dalam hasil akhir video digital siaran berita mereka. Beberapa siswa lebih memilih pendekatan tradisional sedangkan yang lain lebih suka dengan pendekatan yang kreatif dan menarik.

 

B.    Tetapkan Standar dan Tujuan Pembelajaran

Standar Kurikulum.

(1). Standar Kurikulum Nasional bagi guru bahasa Inggris, Standar kurikulum 4 : Siswa menyesuaikan penggunaan mereka dalam berbicara, menulis dan bahasa gambar (kaidah, gaya, kosa kata) untuk berkomunikasi secara efektif dengan bermacam orang dan bermacam tujuan. (2). Standar Pendidikan sains nasional untuk siswa kelas V-VIII: Susunan system bumi. Pola global dari pergerakan atmosfer mempengaruhi cuaca local. Samudera mempunyai efek dominan pada iklim, sebab air samudera menyerap sebagian besar panas matahari.

Standar Teknologi

Standar teknologi pendidikan untuk siswa. Siswa menggunakan alat-alat teknologi untuk meningkatkan pembelajaran, meningkatkan produktivitas, dan promosi kreatifitas.

Tujuan Pembelajaran.

Tujuan pembelajaran dari pelajaran ini adalah :

  • Menggunakan internet dan penelitian di perpustakaan terkait bencana alam yang siswa pilih. Siswa menulis sebuah scenario siaran berita untuk seorang pembawa acara dan scenario untuk reporter liputan.
  • Gunakan scenario itu untuk menulis storyboard untuk siaran berita tersebut, juga tayangan laporan reporter dilapangan.
  • Masing-masing siswa berperan sebagai pembawa acara sedang yang lain sebagai reporter yang melaporkan siaran berita dan direkam dengan video digital.
  • Siswa menggunakan iMovie software untuk meng-edit hasil karya mereka hingga tercipta hasil akhir video siaran berita mereka.

 

C.    Pemilihan Strategi, Teknologi, Media dan Materi.

Pemilihan Strategi.

Scot James memilih Teacher and student centered strategi untuk topic bencana alam. Teacher centered strategi meliputi penjelasan mendetil  dari tujuan pembelajaran dan bagaimana secara berpasangan siswa mengadakan penelitian untuk membuat sebuah siaran berita tentang bencana alam. The student centered strategies berisi tindakan siswa yang mencari materi dengan internet, menulis scenario, memvideokan dan mengedit hingga tercipta hasil akhir video siaran bencana alam.

Pemilihan teknologi dan media

Pelajaran ini mencakup siswa menggunakan computer, video camera digital, dan iMovie software untuk meng-edit siaran berita bencana alam. Scott menggunakan beberapa panduan untuk menilai ketepatan pemilihan teknologi dan medianya.

  • Sesuaikan dengan standar, hasil belajar dan tujuan.
  • Bahasa yang sesuai dengan usia siswa.
  • Tingkat ketertarikan dan waktu. Dengan membebaskan siswa memilih bencana alam yang ingin mereka teliti dan untuk membuat siaran berita mereka sendiri, akan meningkatkan ketertarikan dan kepedulian mereka.
  • Kualitas teknik
  • Mudah dipakai
  • Bebas keraguan. Siswa memakai banyak referensi selama penelitian mereka untuk memastikan isi bebas keraguan.
  • Petunjuk dan panduan pemakaian. Penggunaan iMovie bagi siswa kelas V terkadang tidak mudah, jadi siswa bias saling bertanya diantara mereka atau kepada Mr. James.

 

Pemilihan Bahan Ajar (Materi).

Scott James memilih websites yang ramah untuk anak-anak“ Kid Friendly” saat mereka melakukan penelitian secara online.

 

D.    Penggunaan Teknologi, Media dan Materi

Tinjau dahulu teknologi, media dan bahan ajar.

Scott meninjau websites kid friendly dan iMovie software untuk meyakinkan kalau disitu tersedia materi yang akan digunakan siswa dan membantu siswa.

Siapkan teknologi, media dan bahan ajar.

Scott menyiapkan sebuah lembar penilaian yang memaparkan apa yang diminta dari pelajaran tersebut dan criteria yang dipakai untuk menilai hasil akhir siswa.

Siapkan Lingkungan

Scott menguji sambungan internet pada laptop dan computer dan meyakinkan bahwa iMovie software sudah terinstal. Dia juga menguji Video camera digital apakah dapat merekam dengan baik dan dapat didownload kekomputer.

Menyiapkan Siswa

Siswa dikelas Mr. James sudah dapat menggunakan internet dan iMovie sebelumnya, sehingga dia hanya perlu memberikan gambaran diawal pelajaran.

Menyiapkan pengalaman belajar

Scott memulai pelajarannya dengan memberikan tujuan dan kegiatan pembelajaran baru kemudian meminta siswa membuat video siaran berita mengenai bencana alam.

 

E.    Meminta partisipasi siswa

Kegiatan praktek siswa.

Siswa dikelas Scott James menggunakan computer, internet, dan iMovie software untuk melengkapi siaran berita bencana alam mereka. Siswa secara berpasangan memilih sebuah bencana alam dan kemudian memakai internet dan perpustakaan untuk menemukan informasi yang mereka perlukan. Siswa menggunakan informasi tersebut untuk menulis berita dari pembawa acara dan liputan langsung reporter. Siswa kemudian merekam penampilan tersebut dan meng-editnya dengan iMovie.

Umpan balik.

Scott James menyediakan umpan balik secara terus menerus semenjak siswa mengadakan penelitian, menulis scenario, mempresentasikan, dan meng-editnya.

 

F.     Evaluasi dan Revisi

Penilaian hasil belajar / pencapaian siswa.

Scott menilai hasil belajar siswa dengan cara :(1). Demonstrasi  isi pengetahuan  seperti yang terlihat dalam scenario dan tayangan. (2). Demonstrasi kemampuan teknologi. Scott menilai ketrampilan ini berdasar hasil akhir / video siaran berita bencana alam dengan criteria penilaian seperti di tujuan pembelajaran.

 

Penilaian dari strategi, teknologi dan media

Scott menilai strategi pelajaran melalui komunikasi dengan siswa. Dia juga menilai hasil karya siswa untuk mengetahui apakah strategi yang dipakai efektif.

Revisi

Sesudah menilai hasil karya siswa Scott meniympulkan bahwa topic pelajaran ini sukses. Tetapi dia merasa waktu 3 minggu yang digunakan terlalu lama. Jadi dia merevisi pembelajaran dengan meminjam banyak kamera digital untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk merekam.

 

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.