videocall

Seri Trixbox 6. Menggunakan VoIP Trixbox untuk Video Call

Daftar isi serial trixbox :

Seri 6 Trixbox. Menggunakan voip trixbox untuk video call

Seri 7 Trixbox. Membuat Conference Call lewat VoIP Trixbox dengan mudah

Daftar isi serial trixbox lainnya bisa diakses disini


Sejak teknologi 3G ditemukan dan dikembangkan dalam industri telekomunikasi, aplikasi untuk berkomunikasi dengan bertatap muka pun makin banyak. Jika tidak percaya, coba anda cek gadget keluaran terbaru yang kebanyakan telah support video cam pada sisi depan, sehingga akan nampak wajah antara orang yang sedang berkomunikasi.  Berkomunikasi pun nampaknya masih kurang afdhol jika tidak bisa menyapa dengan bertatap muka. Karena menurut pakar komunikasi dan public speaking, dan didukung oleh hasil penelitian-penelitian bahwa dalam pembicaraan, ada beberapa komponen yang berperan penting: sorot mata, ekspresi wajah, gerak gerik tubuh konon lebih dominan menyampaikan informasi dibandingkan materi verbal yang sedang dibicarakan.

Menggunakan trixbox sebagai server voip yang telah kita bangun sebelumnya, dapat juga kita manfaatkan sebagai sentra telepon video call sehingga dalam berkomunikasi menjadi lebih asyik dan menarik. Tadinya saya penasaran, bisa nggak ya trixbox saya pake untuk video call ?, setelah beberapa kali mengeksplorasi…  akhirnya bisa!, berikut hasil oprekan saya yang coba saya dokumentasikan melalui tulisan ini.

Bagaimana memulainya ?

Pertama, kita seting trixboxnya agar bisa support video call.

Seting PC Server dari browser PC lain

1. Buka server VoIP kita di browser PC lain. Ketikkan alamatnya, sebagai contoh karena kita men-set pada tulisan sebelumnya dengan IP 192.168.6.31 , maka ketikkan IP tersebut. klik pada pojok kanan atas link switch maka akan muncul halaman login, defaultnya masukkan user name : maint ; password : password

Halaman awal trixbox
Halaman awal trixbox
Login Trixbox
Login Trixbox

2. Pilih menu PBX–Config File Editor
8

3. Setelah masuk pada halaman baru,  klik pada sip.conf

9

 

3. Tambahkan script pada baris baru

videosupport=yes

allow=h263

allow=h263p

Kalau sudah lanjutkan klik Update

1

4. Diakhiri dengan klik Re-Read Configs agar server membaca setingan baru ini.

2

Oke, sampai disini setingan untuk servernya sudah selesai. Sekarang kita lakukan konfigurasi untuk clientnya.

Jika pada workshop sebelumnya kita menggunakan x-lite sebagai SIP Client nya, pada tutorial ini kita menggunakan linphone, tampilan diwebsite resminya linphone.org seperti ini.

linphone

 

Berdasarkan keterangan disitu, menggunakan linphone ini kita bisa memanfaatkannya untuk android, blackberry bahkan iphone sekalipun. Saya sediakan link download nya disini (versi windows) untuk mencobanya. Setelah anda download, silakan diinstal seperti biasa (mohon maaf untuk tahapan instalasi tidak dibahas disini)

Kemudian bagaimana konfigurasi linphone ini di PC Client ?. Kita akan mencobanya untuk yang versi windows XP/7. Siapkan 2 PC dengan masing-masing sudah terinstall camera/web cam dengan baik dan telah diujicobakan.

1. Buka aplikasi linphone nya

2. Pilih pada Options–Preferences

linphone2

 

3. Klik Manage SIP Accounts lanjutkan pada Add (proxy)

3

4. Pada ujicoba kali ini saya akan menggunakan akun yang telah dibuat pada tutorial sebelumnya yakni 123 (dedy)

Kemudian isikan konfigurasi SIP :

Your SIP Identity dan SIP Proxy address : sip:123@192.168.6.31, lanjutkan dengan klik OK.

192.168.6.31 merupakan alamat server trixboxnya.

4

 

begitu sudah terbuat akan muncul di bagian Proxy accounts lanjutkan dengan klik Done dibagian bawah.

5

Oke sampai disini kita sudah konfigurasi untuk satu client dengan nomor account 123 (dedy). Untuk ujicoba saya melakukan dengan menyetting pada satu PC lain dengan akun yang telah dibuat sebelumnya yaitu 120 (langkah-langkah dan caranya sama persis dengan yang 123).

Kalau sudah selesai kita bisa lakukan call dengan cara ketik nomor accountnya 120 lanjutkan dengan klik dial (ikon tombol hijau)

6

 

Akhirnya berhasil, hasilnya seperti dibawah ini. Suaranya pun lumayan jernih dan gambarnya tidak terputus sama sekali.

10

 

Demikian, pembahasan edisi trixbox kali ini selamat mencoba ya, jangan sungkan bertanya kalau ada masalah. Sertakan komen dibawah ini.

Salam hangat,

 

Dedy Setyo.

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

7 thoughts on “Seri Trixbox 6. Menggunakan VoIP Trixbox untuk Video Call”

      1. mas, sya udah coba dari seri satu sampai 5.. tapi di seri enam video call ga jalan…jadi ga ada tampilan video dari client yg satunya lagi…knp ya mas?? mohon bantuanya 🙂

  1. mas riski pake softphonenya x-lite apa linphone ?. karena menurut pengalaman saya, x-lite di win 7 ada beberapa codec yg gak jalan, alias butuh sedikit penyesuaian. tapi kalo di win XP lancar mas, atau gak butuh setingan apa2 lagi. Oh ya, setelah editing di “sip.conf” nya jangan lupa di “re-read” dulu ya mas.. demikian, semoga menjawab masalahnya 🙂

  2. Mas mau tanya kalo minimal spek komputer buat server untuk video call harus khusus ga?
    Kaya harus Ra 2Gb, VGA 512 gt.

  3. Asslm.. Malam Pak, Saya sudah mengimplemntasikan persis sama dengan artikel yang bapak tulis pada bagian pertama sampai bagian ke 5 & alhamdulillah semuax lancara jaya, namun pada bagian ke-6 yaitu video call saya masih agak bingung krn pada saat saya melakukan panggilan dengan menggunakan LINPHONE via LAPTOP tdk ada video yg tampil sama sekali bgitupun ketika saya menggunakan LINPHONE via ANDROID.. Mohon pencerahannya pak ? sebagai catatan : saya menggunakan LAPTOP OS WIN7 dan Samsung Galaxy Tab2 7.0 OS Kitkat..!! Terima Kasih Pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.