drupal

Mengatur Kategori Drupal dengan Mudah

Jumpa lagi dalam serial tutorial drupal, jika anda menyimak dan mempraktekan dengan terurut materi ini insyaAllah anda akan makin expert dari hari ke hari dalam menggunakan drupal sebagai salah satu CMS/frame work terbaik dimuka bumi ini. Namun, tak mengapa jika anda tidak mempraktekkannya secara terurut karena dalam tutorial inipun di desain dengan materi terpisah. Workshop kali ini akan membahas tentang pengkategorian di drupal.

Kenapa perlu kategori ?

Ini pertanyaan yang sering muncul dengan teman-teman yang sedang mengembangkan drupal untuk keperluan websitenya. Begini, sebenarnya dalam setiap perancangan website, kita dituntut untuk menyajikan materi dengan klasifikasi yang baik sehingga memudahkan user dalam membaca, menemukan dan mempraktekkannya dengan mudah. Untuk kita sebagai pemilik website, kategori dibutuhkan dalam memudahkan kita mengelola tulisan-tulisan yang telah dibuat agar dapat dipantau dan di menej dengan simple. Jika tulisan anda telah mencapai angka 20an keatas, anda akan menyadari keuntungan dari kategori ini.

Sebagai contoh perhatikan pada header dedysetyo.net ini, saya capture kan kategorinya seperti ini

dedysetyo.net kategori1

 

disana anda akan menemukan beberapa kategori semisal Inspirasi, Kuliah, Pendidikan dsb. Tulisan-tulisan dengan genre sejenis akan terkumpul pada link-link tersebut, oke bagaimana mengatur kategori pada drupal.  Semisal kita akan membuat pengkategorian semacam ini.

Kategori :

Olahraga

  • Sepakbola
  • Basket

Pelajaran

  • Matematika
  • Bahasa

Perhatikan, istilah pada drupal untuk Kategori adalah vocabulary, sementara Olah raga dan Pelajaran adalah terms. Anak dari terms (Sepakbola, basket, Matematika dan Bahasa) nanti kita atur di bagian parents dan related

Langkah-langkahnya begini :

1. Login pada drupal anda, kemudian masuk pada Administer–taxonomy (pada drupal pengaturan klasifikasi memiliki nama taxonomy), lanjutkan dengan klik Add vocabulary. 

dedysetyo.net kategori2

 

 

2. tambahkan vocabulary baru dengan nama kategori, pada Content types (termasuk dalam tipe konten) : Page (di checklist), pada settings ada 3 macam opsi yakni

  • Tags : isian kategori boleh diisi bebas sesuai dengan keinginan user, pada workshop kali ini kita unchecklist karena isi kategori sudah ditentukan.
  • Multiple Select : Memungkinkan boleh memilih lebih dari satu klasifikasi dengan menekan tombol CTRL, kita cheklist pilihan ini
  • Required : wajib untuk dipilih, kita cheklist juga disini

dedysetyo.net kategori3

 

Kemudian dilanjutkan dengan klik SAVE

3. jika berhasil akan muncul tulisan Created new vocabulary kategori. Klik add terms yang merupakan isian dari kategori, yakni Olahraga dan Pelajaran.

dedysetyo.net kategori4

 

4. Pada halaman baru, Term name diisi dengan Olahraga, kategori diisikan untuk mempermudah penjelasan, dilanjutkan dengan SAVE.

dedysetyo.net kategori5

 

jika telah muncul teks Created new term Olahraga artinya Olahraga sebagai sebuah terms telah terbuat. Dilanjutkan dengan pembuatan terms kedua yakni Pelajaran, silakan dibuat dengan cara yang sama dengan Olahraga.

dedysetyo.net kategori6

jangan lupa diakhiri dengan klik SAVE. Kemudian, bagaimana cara menggunakan kategori ini ?. Silakan klik Create content–page maka akan muncul kategori yang telah kita buat barusan, seperti tampilan dibawah ini :

dedysetyo.net kategori7
Tampilan setelah kategori berhasil dibuat

 

Oke, selamat anda telah berhasil menyelesaikannya. Kemudian, kita akan membuat child dari Olah raga (Sepakbola). Caranya begini :

1. Masuk lagi pada pada bagian Taxonomy, kemudian klik add terms
dedysetyo.net kategori102. Tuliskan nama : Sepakbola, pada advanced options silakan pilih Parents : Olahraga. Artinya adalah bahwa sepakbola ini menjadi anak/bagian dari Olahraga. Kemudian dilanjutkan dengan SAVE.

dedysetyo.net kategori8

 

Oke, jika sudah berhasil maka jika anda masuk pada Create Content–Page nanti akan muncul halaman seperti dibawah ini :

dedysetyo.net kategori9
Sepakbola berhasil diset sebagai child dari Olahraga

 

Untuk child yang lain dari Olahraga semisal akan ditambahkan Basket, Sepaktakraw dsb bisa menggunakan cara yang sama dengan ini.

Sampai disini pembahasan kita tentang kategori menggunakan taxonomy sudah selesai. Mudah sekali bukan ?. pada tutorial berikutnya akan dibahas bagaimana menggunakan kategori ini dikombinasikan dengan primary link.

Selamat mencoba !

Salam hangat,

 

Dedy Setyo.

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.