swishmax dedysetyo.net

(Project Kedua) Membuat Script Stop dan Label pada Swishmax

Oke, ketemu lagi di Training By Project SwishMax. Pada project kedua ini asumsinya anda sudah menguasai langkah-langkah pada project pertama. Sehingga jangan berani-berani memulai project kedua ini sebelum project pertama anda kuasai (mengancam mode: on he.he.he).

a. STOP

Pada project kedua ini kita akan membahas tentang penggunaan script. Script ini diperlukan untuk memerintahkan animasi kita sesuai dengan yang diinginkan. Skenarionya adalah kita akan menghentikan animasi pada frame yang kita inginkan. Sangat sederhana pada praktek kali ini. Nah, sekarang kita mulai step by stepnya.

Buka kembali file project pertama anda, jika hilang maka silakan dibuat kembali. Tekan tombol CTRL + O secara bersamaan untuk membuka file anda.

1. Silakan amati pada layar time line, kira-kira seperti ini :

swishmax dedysetyo.net 1

Pada time line diatas akan didapati bahwa efek Blur akan selesai pada frame 20, dan berlanjut pada Fall Down pada frame 40. Nah, rencananya kita akan menghentikan animasi tepat saat Blur selesai pada frame 20, sehingga animasi tidak akan melanjutkan pada Fall Down.

2. Caranya adalah klik kanan pada frame 20 tepat di jalur Scene_1, kemudian klik Movie Control – Stop()  sehingga akan muncul gambar kira-kira seperti ini.
swishmax dedysetyo.net 2

Hasilnya akan didapati seperti ini

swishmax dedysetyo.net 3
Tepat pada frame 20 akan muncul huruf S beserta kotak merah kecil, yang berarti fungsi scrip ini sudah diterapkan. Silakan coba preview maka animasi tepat akan berhenti pada frame 20.

b. LABEL

Penggunaan label pada swishmax dipakai untuk menandai frame tertentu yang mempermudah penamaan. Pada animasi yang sudah kompleks label ini menjadi penting karena animator akan dipermudah untuk tahu dimana animasi tertentu berada. Seperti fungsi pada pembatas buku yang akan menjadi penanda pembaca dimana di berhenti membaca.

Untuk memulai penggunaan label ini, sebaiknya hilangkan (delete) terlebih dulu penggunaan script stop pada poin a diatas. Sehingga pada time line akan kita dapati kembali seperti ini.

swishmax dedysetyo.net 4
Skenario pada bahasan label kali ini adalah membuat looping (memutar kembali) sebelum sampai frame akhir. Contoh kali ini akan kita buat looping dengan menggunakan fungsi label pada frame 20.

Langsung saja mulai langkah demi langkahnya :

1. Klik kanan tepat pada frame 1 pada baris Scene_1 klik pada Frame – SetLabel (…) sehingga akan mucul gambar seperti ini

swishmax dedysetyo.net 5

Setelah di klik nantinya akan dibawa pada jendela baru seperti ini

swishmax dedysetyo.net 6

Pada kolom Label diatas, diisikan nama label. Contohnya abc, ini berarti bahwa pada frame 1 sudah diset dengan nama panggil abc

2. Kemudian akan kita atur setingan dimana looping akan berjalan. Silakan klik kanan pada Scene_1 frame 20, dan klik Movie Control—gotoAndPlay—gotoAndPlay (LABEL). Seperti pada gambar di bawah ini.

swishmax dedysetyo.net 7
Kemudian setelah diklik akan muncul gambar seperti ini

swishmax dedysetyo.net 8
Seperti pada gambar di atas ini, Label silakan diisi sesuai dengan nama label sebelumnya (yakni abc). Nah, sampai disini sebenarnya kita sudah selesai dengan hasil akhir akan Nampak seperti pada area yang ditandai diatas

Untuk mencoba hasil looping menggunakan fungsi label, silakan klik preview untuk mencobanya.

Lembar Evaluasi

  • Buatlah animasi dengan menggunakan 2 efek dari frame 1 s/d 30 (efek 1 frame 1 – 15, efek 2 frame 16 – 30), buatlah script stop diakhir frame.
  • Kemudian buat mekanisme looping (frame 25) dengan nama label oke pada frame 1

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.