text

Menggunakan module teks editor whizzywig pada Drupal

Coretan ini melengkapi sekaligus melanjutkan topik tentang drupal. Drupal sebagai salahsatu CMS terbaik di dunia dengan berbagai macam kelebihan telah dibahas pada tulisan sebelumnya. Berbagai kelebihan itu ditopang oleh banyaknya modules pendukung. Modules ini sendiri merupakan komponen pendukung, pelengkap dan masing-masingnya memiliki fungsi tertentu. Sebagai contoh mudahnya begini,  jika anda menaiki mobil, sebenarnya mobil ini disusun oleh bermacam-macam module, ada yang berfungsi melambatkan kecepatan (ini dinamakan module rem), ada pemutar audio (dinamakan audio player) dan berbagai macam perangkat yang lainnya inilah yang dinamakan module. Oke, sampai disini saya berharap anda sudah paham tentang module ini.

Sampai dengan tulisan ini dibuat drupal telah memiliki 20.221 module. Wow, banyak banget kan ?. untuk apa saja module2 ini ?. Ada untuk Administrasi, komunitas, e-commerces dan lain sebagainya. Pada bahasan ini kita akan membahas penggunaan module text editor yang ada di drupal.

Kenapa menggunakan text editor ?

Secara default, drupal sebenarnya memberikan kita kebebasan untuk menggunakannya termasuk menuliskan konten, pada drupal konten dituliskan dengan bahasa HTML. Bahasa inilah yang bagi orang awam akan kesulitan melakukan editing teks, sebagai contoh untuk menuliskan  BOLD  (tulisan BOLD dengan cetak tebal) maka dituliskan <b>BOLD</b>, dan semua perintah lainnya tergantung kemahiran anda menggunakan HTML. Penggunaan modul text editor ini untuk memudahkan pengguna awam sekalipun untuk mengoperasikan teks di drupal.

Text editor apa yang dipakai ?

Namanya Whizzywig . Apakah ini satu-satunya module text editor yang ada di drupal ?. Tidak, ada beberapa yang ada didrupal, namun module Whizzywig  ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan module serupa. Apakah itu ?, cek gambar di bawah ini.

13

 

Whizzywig diklaim oleh pembuatnya sebagai module dengan kecepatan akses paling cepat, memiliki ukuran paling kecil dsb. Untuk lebih lengkapnya silakan dicek ke halamannya langsung disini.

Langsung saja kita mulai, bagaimana menggunakan modules ini ?

#Catatan : tutorial dibawah ini merupakan edisi lanjutan tulisan sebelumnya disini, jika ada perbedaan url, user-password, dsb terhadap instalasi drupal anda mohon bisa disesuaikan sendiri.
1. Tentu saja di PC anda pastikan service apache dan mysql running. Klik 2x pada c:\xampp\xampp-control. Penampakannya seperti ini :

5

 

jika belum pada posisi running silakan klik start di sisi kanan sebelah Apache dan mysql.

2. Buka browser anda, masuk ke url http://localhost/coba , kemudian diikuti oleh login menggunakan user : admin, password : 123456 pada sisi sebelah kiri disini.

17

Setelah berhasil login, silakan klik Create content — Page ini untuk melihat tampilan text areanya sebelum modules whizzywig diunduh dan diaktifkan

12

 

Pada bagian Body seperti anda lihat masih kosong sama sekali, tidak terlihat tombol-tombol pengatur untuk mempermudah edit tulisan.

3. Pada menu administer — Site Building — Modules inilah tempat administrasi modules, dimana modul bisa diaktifkan atau di non aktifkan.

1

 

4. Kita akan mengunduh module ini, silakan akses halaman resmi drupal.org kemudian pada halaman pencarian silakan ketik whizzywig dan pada radio button pilih Modules

3

 

pada hasil pencarian, silakan pilih link ini

4

 

Begitu telah masuk pada halaman yang dimaksud, silakan download versi Recommended releases , sesuaikan dengan drupal versi 6 sama dengan instalasi drupal kita.

5

 

Untuk anda pengunjung setia DedySetyo.Net saya berikan shortcut untuk download module ini langsung disini.

Setelah terunduh dengan baik, cek kembali hasil unduhan anda pastikan anda tahu dimana hasil unduhan terletak.

5. Kemudian fokus ke folder dikomputer instalasi drupal kita. Buatlah folder modules  di c:\xampp\htdocs\coba\sites\all

6

 

6. Kemudian silakan kopikan hasil unduhan tadi ke dalam folder yang terletak pada  c:\xampp\htdocs\coba\sites\all\modules seperti terlihat pada gambar di bawah

7

 

7. Kemudian ekstract file ini dengan klik Extract here/extract all

8

sehingga membentuk satu folder baru dengan ditempat yang sama dengan nama whizzywig

9

 

8. Sampai disini modules ini tinggal menunggu kita aktivasi di menu administer — Site Building — Modules 

10caranya dengan checklist kemudian klik Save Configuration. Sampai disini instalasi module ini telah selesai. Hasilnya bisa dilihat dengan cara klik Create content — Page. Berikut ini perbandingan tampilan text areanya sebelum modules whizzywig diunduh dan setelah diaktifkan.

Sebelum whizzywig diinstal dan aktif
Sebelum whizzywig diinstal dan aktif

 

Setelah whizzywig diinstal dan aktif
Setelah whizzywig diinstal dan aktif

Oke, sampai disini whizzywig telah berhasil diinstal. Dengan adanya module ini, user akan lebih mudah melakukan editing teks. Termasuk juga memasukkan konten gambar/video akan mudah sekali dilakukan dalam beberapa detik ketimbang anda menuliskan script HTML.

Selamat mencoba !

Salam hangat,

 

Dedy Setyo.

 

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.