drupal

Instalasi Drupal pada server PC Lokal

Seingat saya, di blog ini tulisan tentang drupal baru pertama kali saya angkat. Ini dilatarbelakangi oleh keluhan beberapa siswa dan teman2, tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan drupal sebagai aplikasi berbasis web yang handal dan mudah digunakan. Kesannya kok susah sekali ya menggunakan drupal ?.Kenapa drupal bukan yang lain ?. Dari pengamatan yang saya lakukan di internet, memang drupal sebagai platform yang belum seterkenal CMS lain terutama di indonesia. Cuman untuk luar negeri sudah banyak organisasi/lembaga atau publik figur yang menggunakan drupal. Ijinkan saya menyebutnya beberapa, whitehouse.gov (Website resmi Kepresidenan AS), ubuntu.com (website resmi distro linux Ubuntu), bagi penggemar dunia balap ada www.motogp.com, lembaga hiburan tersohor di dunia www.waltdisney.com, dan masih banyak lagi, sisanya silahkan bisa dicek langsung ke http://drupal.org/case-studies.

Apa kelebihan drupal ?

Apa alasan yang mendasari lembaga-lembaga besar dunia ini menggunakan drupal ?. dari sekian banyak alasannya, diantaranya adalah faktor keamanan dan update reguler penggemar/aktivis drupal juga sangat berperan. Update versi drupal, sangat terbilang cepat, antara versi satu dan versi berikutnya hanya terjeda beberapa bulan saja sehingga untuk urusan keamanan update patch ini relatif handal. Alasan lainnya, pada tahun 2011 Packt Publishing lembaga penerbitan buku2 spesialisasi open source ternama mengadakan Open Source Awards dan hasilnya drupal mendapatkan predikat 1st runner up dibandingkan semua CMS yang ada di dunia, tidak itu saja, pada perhelatan tersebut drupal juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Open Source CMS for Performance, Best CMS for Best Community dan Best CMS for Ease of Use. Kelebihan drupal lainnya adalah fleksibilitasnya untuk dapat dipakai sebagai aplikasi apa saja semisal blog, forum, website, e-commerce, video sharing, jejaring sosial, bahkan aplikasi canggih semacam Sistem Informasi dapat dibuat menggunakan drupal.

Tulisan ini saya dedikasikan bagi siswa-siswa saya atau teman-teman yang berniat mempelajari drupal namun masih mentok pada instalasi, saya sajikan langkah-langkahnya dilengkapi dengan gambar, harapannya agar mudah dipahami dan dipraktekkan.

Saya bagi menjadi 2 macam instalasi, yakni : instalasi pada PC lokal dan pada hosting.

Langkah-langkah Instalasi pada PC lokal (windows XP/7 tahapannya relatif sama):

1. Install paket web server, database dan php anda. Cukup banyak program yang bisa dipakai, yang lumayan terkenal diantaranya xampp, wamp, atau appserv. Pada workshop ini kita akan memakai xampp, silakan download disini.

setelah terdownload dengan baik, kemudian lanjutkan dengan install, pada jendela dibawah ini pastikan anda tahu dimana letak folder instalasi

1

instalasi xampp terletak pada c:\xampp\

silakan dilanjutkan instalasi sampai selesai karena tidak sukar untuk instalasi ini.

2. Download aplikasi drupal disini. Walaupun sekarang sudah terdapat drupal versi 7, bahkan 8. Saya masih lebih recomended ke versi 6 dikarenakan dukungan module dan themanya lebih banyak dibandingkan 2 versi diatasnya yang masih sedikit.

3. Setelah drupal terdownload, sekarang kita fokus pada folder xampp di c:\xampp. Silakan masuk pada folder tersebut, kemudian masuklah pada folder htdocs, yang terletak di c:\xampp\htdocs. Folder htdocs merupakan folder tempat dimana semua aplikasi web terletak dan dapat diakses oleh publik. Pastikan folder ini tidak dipindahkan, di rename apalagi di delete, karena akan merusak aplikasi web anda.

4. Setelah masuk di folder htdocs, buatlah folder coba. Sehingga  menjadi c:\xampp\htdocs\coba.  

2

5. Kemudian pastekan hasil downloadan file drupal (pada langkah ke 2) pada folder coba dan ekstrak filenya.

3

Untuk mengekstrak file kompresi semacam ini, ada banyak aplikasi termasuk bawaan windowsnya atau yang bisa di download disini. Kemudian akan membuat satu folder baru dengan nama drupal-6.28

6. Silakan masuk pada folder drupal-6.28, kemudian pindahkan semua isi file di folder drupal-6.28 ke folder coba, sehingga seperti ini

4

Seperti anda lihat pada folder diatas, folder coba yang tadinya kosong, sekarang isi filenya sudah banyak hasil kopian dari folder drupal 6.28.

7. Sekarang masuk ke seting xampp, pastikan apache dan mysql nya running melalui c:\xampp\xampp-control.exe klik 2x

5

Defaultnya biasanya apache dan mysql sudah running, jika masih belum running, silakan klik Start pada Apache dan MySql.

8. Silakan buka browser nya ketik alamat, localhost/coba . teks coba merujuk pada nama folder instalasi drupal kita yang berada pada htdocs.

7

9. Kemudian klik pada Install Drupal in English 

8

10. Pada halaman berikutnya akan ditemukan halaman yang berisi peringatan Requirements problem artinya ada syarat yang harus terpenuhi jika ingin melanjutkan proses instalasi, yakni :

lihat pada folder anda C:\xampp\htdocs\coba\sites\default adakah file yang bernama default.settings ?

jika anda telah melihatnya, silakan copy file tersebut, kemudian paste pada folder yang sama. Kemudian file hasil kopian silakan rename file default.settings menjadi settings. Gambarannya seperti ini :

910. kemudian refresh halaman web tsb dengan menekan tombol F5. Jika sudah benar maka nanti akan muncul halaman Database configuration seperti ini :

10

 

11. Tahapan berikutnya adalah kita membuat database untuk tampungan database instalasi drupal. Caranya, buka tab baru, silakan akses melalui localhost/phpmyadmin

11

 

pada form Create new database silakan isi nama database : coba (ini hanya contoh) kemudian diikuti klik Create. Jika telah muncul “Database coba has been created.” maka pembuatan database telah berhasil.

12. Kemudian kembali lagi pada halaman Database configuration kita isi seperti ini:

13

 

Database name : coba (nama database, merujuk pada pembuatan)

username : root (password default untuk database xampp)

kenapa password dikosongkan ?. karena seting default database phpmyadmin di xampp memang tidak ada alias kosong.

kemudian tekan Save and continue untuk melanjutkan.

14

Pada halaman Configure site boleh diisi seperti dibawah ini

15

Form-form dibawah ini hanya sebagai contoh saja.

Site name : Coba Drupal (nama site)

Site e-mail address : coba@email.com (email admin)
16

 

Kemudian pada Adminitrstor Account

username : admin

E-mail address : coba@email.com (email admin)

Password dan confirm password : 123456

Pada Server Settings biarkan pada posisi default, kemudian klik Save and Continue.

kalau tidak ada masalah, instalasi drupal anda harusnya sudah selesai. klik pada Your new site. Akan muncul tampilan seperti ini

17

Akhirnya, instalasi drupal sudah selesai dilakukan. Silakan pakai username : admin dan password : 123456. Merujuk pada isian Administrator Account sebelumnya.

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, silakan isikan komen di bawah ini.

Selamat mencoba !

Salam hangat,

Dedy.


Sekilas info…

e-book Drupal gratis.. mau ?

Dalam rangka maulid nabi Muhammad SAW, DedySetyo.Net membagi-bagikan e-book drupal gratis karangan David mercer setebal 284 halaman. Terhitung sampai dengan 31 Januari 2013 saja. Penampakannya kayak gini :

buku_drupal

Setelah saya cek di amazon.com ternyata harganya $40 alias sekitar Rp.400.000, –

amazon_buku_drupal

ini bagi yang mau lho ya.. saya nggak maksa dan nggak ambil tarif sepeser pun.. he he

Caranya begini :

1. Share tulisan ini ke status FB anda dengan cara klik tombol ‘share’ facebook dibawah. Penampakannya kayak gini –> fb

2. Tulis di wall fb saya Dedy Setyo Afrianto sebagai laporan kalo sudah anda share, jangan lupa tulis emailnya ya.. 🙂

dalam waktu 1 x 24 jam, insyaAllah akan saya kirim ke email anda.. mudah2an tidak ada listrik mati atau perjalanan dinas mendadak (kalau itu hal lain.. he he), kalau kelupaan mhn diingatkan ajah..

Oke. demikian update hari ini..

Selamat membaca !


About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

6 thoughts on “Instalasi Drupal pada server PC Lokal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.