animation dedy

Flash Animation With SwishMAX; (Project Pertama) Membuat Teks Animasi Bergerak

Sebelum kita mulai, pastikan SwishMAX telah terinstall pada komputer anda, anda bisa mengecek dengan mencari logo seperti di bawah.

logo swishmax
logo swishmax

Anda dapat menemukannya pada Layar desktop anda atau melalui Start menu – All Programs – SwishMAX. Setelah berhasil menemukannya, berarti kita akan mulai … jangan lupa ..say bismillah agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam sesi kali ini. Amien.

Let’s Start..

Langkah-langkah yang ditempuh :

  1. Inputkan teks baru.

Lihat pada layar Layout:Scene_1, pada Tools, klik sekali simbol untuk menginputkan teks (lingkaran merah).

2

Nah, ketika telah diklik, kemudian klik sekali pada area kerja untuk mengaktifkan kursor teks. Ketika sudah aktif, akan nampak tanda seperti dibawah ini tulisan Text disamping ini merupakan tanda bahwa fungsi teks telah aktif pada area kerja, tinggal kemudian kita ubah dengan tulisan yang akan kita kehendaki.

3

2. Edit Teks masukan

4

Lihat pada lajur paling kanan pada layar anda, kita akan mendapati layar propertis objek, ketika kita aktifkan fasilitas teks seperti ini, maka otomatis layar propertis akan berubah untuk memberikan keterangan lebih lengkap tentang Teks.

Nah, sekarang kita dapat mengedit kata-kata pada teks tersebut sesuai dengan yang kita kehendaki.

Kita ubah misalkan dengan Nurul Fikri

 Setelah kita rubah, maka pada area kerja akan berubah pula dengan Nurul Fikri 

5

3. Memasukkan Efek Animasi

Salah satu hal yang membedakan SwishMAX dengan Macromedia Flash adalah penyediaan animasi objek yang sangat sederhana dengan varian yang melimpah, yang apabila dengan menggunakan Macromedia Flash akan menghabiskan banyak waktu.

Kita cukup klik kanan pada objek yang dimaksud (teks: Nurul Fikri), berikutnya pilih Effect. Pada kotak hitam dibawah ini, merupakan tempat dimana kita akan memasukkan efek animasi yang dimaksud.

Ada sekumpulan efek animasi yang telah disediakan untuk menunjang media yang akan kita buat. Kemudian pilih salah satu saja, misal efek Blur

6

Efek animasi yang telah dimasukkan akan bisa terlihat pada Time line pada layar diatas area kerja. Nampak seperti gambar dibawah ini.

7

Efek Blur telah terlihat pada Time line karena telah aktif, dengan tulisan Blur(20). Tanda (20) yang berarti pengenaan waktu 20 ketukan waktu swish. Waktu ini dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita dengan memanjangkan atau memendekkan link Blur tersebut. Jika kita memanjangkan, berarti membuat durasi efek yang bersangkutan akan terlihat lebih lama berjalan, atau terlihat lebih lambat. Sebaliknya, jika kita memendekkan, berarti akan membuat efek yang bergerak akan terlihat semakin cepat dan selesai lebih singkat.

Nah, pada dasarnya ketika tiga langkah diatas telah selesai, hakikatnya efek peng-animasian teks telah selesai, tinggal kemudian misalnya akan kita masukkan efek tambahan baru, kita klik kanan lagi pada Teks Nurul Fikri  dan masukkan efek baru. Seperti pada contoh dibawah ini, kita akan menambahkan efek

Appear into Position -> Wild – Fall Down, maka hasilnya akan nampak pada layar Time Line,

8

Oke, Project pertama telah selesai, Jangan lupa save pekerjaan anda untuk bekal pada training berikutnya.

Mengenai cara penyimpanan ada 2 macam cara, cara pertama adalah silakan cari simbol disket seperti ini  atau tekan tombol CTRL+S dan tentukan nama file penyimpanan, misalnya project1 maka akan tersimpan dengan nama project1.swi (swi merupakan file ekstension dari swishmax).

Cara Kedua adalah dengan menekan FILE-EXPORT-SWF 

9

Cara ini adalah untuk langsung melakukan export ke file dengan ekstensi swf, artinya jika anda memiliki flash player maka hasil file akan lansung dapat dimainkan.

Sampai jumpa pada Project Kedua. Selamat Mencoba !

 

 

About dedy setyo

Tetap bangga dan mencintai pekerjaannya sebagai Pengajar, Pendidik, Peneliti, Pegiat teknologi dan narasumber dalam ranah pendidikan khususnya media pendidikan spesialisasi media digital, e-learning dan Open Source untuk pendidikan. Selengkapnya disini. Bisa dihubungi melalui e-mail : dedy@dedysetyo.net atau Call/SMS : 087770030903 WA : 085718904956 atau FB, atau

One thought on “Flash Animation With SwishMAX; (Project Pertama) Membuat Teks Animasi Bergerak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab soal ini : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.